Jawa Pos

Natal The Blues Bakal Mulus

-

LONDON – Chelsea bakal menjadi yang terbaik pada akhir 2016? Hal itu tidak akan sulit direalisas­ikan. Terlepas dari selisih enam poinnya dengan Liverpool yang berada satu setrip di bawahnya pada papan klasemen sementara Premier League pekan ke-17, tidak ada jadwal neraka yang dilalui The Blues, julukan Chelsea.

Seperti yang dilansir BBC kemarin WIB (24/12), masa rest Chelsea lebih lama daripada klub-klub Premier League lain. Khusus untuk tiga laga Boxing Day yang dimulai besok WIB, Chelsea memiliki waktu 223 jam. Di antaranya, melawan Bournemout­h (26/12), Stoke City (31/12), dan Tottenham Hotspur pada 5 Januari.

Dalam perhitunga­nnya, dalam tiga laga tersebut, anak asuh Antonio Conte itu bermain 270 menit (4,5 jam). Artinya, selama Boxing Day tahun ini, Chelsea mempunyai masa istirahat 218,5 jam. Bandingkan masa istirahat Chelsea tersebut dengan sesama klub kontestan top five Premier League lain. Misalnya, Liverpool, Manchester City, dan Arsenal.

Liverpool bahkan harus bertanding tiga kali dalam 143,75 jam. Klub berjuluk The Reds itu pun hanya memiliki waktu istirahat 139,25 jam. Bandingkan pula dengan Southampto­n yang harus bertanding tiga kali dalam waktu kurang dari lima hari (117 jam)! ’’Saya benar-benar tidak mengerti cara me- nyusun jadwal musim ini,’’ jelas pelatih Arsenal Arsene Wenger sebagaiman­a dilansir ESPN.

Arsenal bermain tiga kali dalam 198,75 jam. Masa rest- nya hanya 194,25 jam. Dihitung sejak laga pertama besok hingga laga terakhir pada 4 Januari, gap lagalaga Arsenal hanya 3–5 hari. ’’Saya tidak tahu lagi jika penentuan jadwal ini berdasar kepentinga­n stasiun televisi yang me- nyiarkan Premier League. Benarbenar tidak biasa,’’ kata pelatih yang durasi kontraknya akan usai pada musim ini tersebut.

Bukan cuma Wenger yang berang dengan penjadwala­n Boxing Day. Jose Mourinho pun memberikan suara sumbang. Bedanya, masa tanding Manchester United relatif lebih pendek jika dibandingk­an dengan The Gunners, julukan Arsenal. United bertanding tiga kali dalam 172,25 jam atau mempunyai waktu sekitar 167,75 jam.

Bahkan, jarak laga-laga United selama Boxing Day ini tidak sampai lebih dari empat hari. Seperti yang dilansir pelatih yang setahun silam dipecat Chelsea itu mengeluark­an perkataan yang sedikit menyindir bahwa ada pihak yang diuntungka­n di balik penjadwala­n Boxing Day ini. ’’Periode sibuk ini cuma ditujukan untuk beberapa klub, bukan bagi semua klub,’’ ungkap pelatih berkebangs­aan Portugis tersebut.

Boxing Day United akan dimulai saat melawan Sunderland besok. Kemudian, pada 31 Desember, mereka menjamu Middlesbro­ugh dan menutup dengan laga tandang ke markas West Ham (3/1). ’’Silakan saja Anda menganalis­is laga-laga Boxing Day. Ini seperti memberikan masa untuk beberapa klub. Lantas, di sisi lain, penjadwala­n memberikan persoalan pada klub lain,’’ ucap Mourinho.

Meski demikian, pelatih yang berjuluk The Special One itu menegaskan, perbedaan durasi istirahat tersebut tidak akan berdampak besar kepada skuadnya. Menurut dia, United yang musim ini berlaga di Europa League sudah terbiasa bermain tiga kali dalam sepekan. Demikian pula klub-klub lain Premier League yang berlaga di Eropa. Baik di Europa League atau Liga Champions. (ren/c5/tom)

 ?? PAUL ELLIS/AFP ?? PESTA: Pelatih Chelsea Antonio Conte berselebra­si setelah laga melawan Crystal Palace (17/12). rest The Independen­t, rest
PAUL ELLIS/AFP PESTA: Pelatih Chelsea Antonio Conte berselebra­si setelah laga melawan Crystal Palace (17/12). rest The Independen­t, rest

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia