Jawa Pos

Donnie Yen Tersiksa Lensa Kontak Buta

-

AKTOR Hongkong Donnie Yen dengan luar biasa memerankan petarung buta Chirrut Imwe dalam Rogue One: A Star Wars Story. Karakterny­a begitu hidup, melekat dengan cepat di benak penonton. Namun, sebelum menerima peran itu, Yen ternyata sempat galau.

”Hampir beberapa bulan setelah ditawari peran itu saya belum juga memberikan keputusan,” kata Yen kepada South China Morning Post. ”Kalau saya terima, saya harus meninggalk­an Hongkong berbulan-bulan. Saya tidak bisa jauh dari anak. Tapi, sekarang saya justru merasa beruntung karena akhirnya mau,” imbuhnya.

Saat bertemu dengan sutradara Gareth Edwards, dia bertanya apakah peran itu memang penting di film tersebut ataukah dirinya dipasang hanya untuk menarik pasar Tiongkok. ”Gareth bisa memberi jawaban memuaskan, menunjukka­n bahwa Chirrut memang penting,” tuturnya.

Saat syuting, Yen harus mengenakan lensa kontak yang ternyata memang dibuat gelap sehingga dirinya seperti buta betulan. ”Juga, itu ternyata sulit, jauh lebih sulit dari yang saya bayangkan,” ujarnya.

Selama beberapa minggu dia secara khusus berlatih ekspresi dan gerakan tubuh. Namun, yang paling sulit adalah ketika dirinya harus berinterak­si dengan lawan main. ”Bagaimana bisa berinterak­si jika tidak bisa melihatnya? Misalnya saat bersama Felicity Jones. Saya tidak bisa melihat matanya, juga reaksinya. Saya harus menatap lurus karena saya buta,” tutur Yen.

Makin menantang karena lensa kontak itu sangat tidak nyaman untuk dikenakan. Meski sudah dipilihkan produk terbaik, tetap saja rasanya tak enak. ”Saya hanya bisa menggunaka­n tidak lebih dari tiga jam. Semakin hari mata saya jadi iritasi sehingga saya lebih cepat lagi (melepasnya, Red). Harus dilepas selama setengah jam,” tutur pemeran film Wing Chun dan IP Man itu.

Salah satu alasan Yen mau menerima peran tersebut adalah desakan anak keduanya. Bocah bernama James itu fans garis keras Star Wars. Ketika Halloween, dia pun mengenakan kostum sang ayah. Kostum itu dia pakai lagi saat premiere Rogue One di Beijing, Tiongkok, Kamis lalu (22/12). Yen datang dengan ditemani istrinya, Cissy; putrinya, Jasmine; dan James yang menggemask­an sebagai Chirrut cilik. (len/c11/ayi)

 ?? HOLLYWOOD REPORTER ?? AJAK KESAYANGAN: Donnie Yen bersama istrinya, Cissy, dan putrinya, Jasmine, serta anak laki-lakinya, James, yang mengenakan kostum Chirrut Imwe di Beijing, Tiongkok, pada Kamis lalu (22/12). Wars
HOLLYWOOD REPORTER AJAK KESAYANGAN: Donnie Yen bersama istrinya, Cissy, dan putrinya, Jasmine, serta anak laki-lakinya, James, yang mengenakan kostum Chirrut Imwe di Beijing, Tiongkok, pada Kamis lalu (22/12). Wars

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia