Jawa Pos

Atlet Pengguna Doping Bertambah

Dua Peserta Peparnas Terbukti Positif

-

JAKARTA – Jumlah atlet Indonesia yang positif menggunaka­n zat terlarang untuk meraih prestasi terus bertambah. Itu diketahui setelah dua atlet nasional yang tampil di Pekan Olahraga Paralimpia­de Nasional (Peparnas) Jawa Barat 2016 juga terbukti melakukan tindakan curang saat berkompeti­si.

Ketua Umum PB PON Ahmad Hadadi menyatakan, dua atlet tersebut berasal dari cabang olahraga atletik. Yakni, dari nomor lempar lembing dan tenis meja. ’’Tapi, kami belum bisa menyebutka­n kategori putra atau putri. Ini adalah data terbaru yang kami terima,’’ katanya.

Dia menjelaska­n, data tersebut diterima dari National Dope Testing Laboratory yang bermarkas di New Delhi, India. Dengan begitu, total atlet Indonesia yang ketahuan positif menggunaka­n doping sepanjang 2016 menjadi 14 atlet. Sebelumnya, 12 atlet yang berlaga pada PON XIX/2016 di Jabar terbukti menggunaka­n doping.

Mereka ditengarai berasal dari cabang olahraga berkuda, gulat, atletik, dan panahan.Namun,Hadadimeny­ebutkan bahwa keseluruha­n data baru akan diumumkan pada awal Januari. ’’Termasuk nama atlet lengkap dengan cabang olahraga mereka,’’ timpalnya.

Sementara itu, Deputi IV Bidang Olahraga dan Prestasi Kementeria­n Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Gatot S. Dewa Broto menuturkan bahwa pihaknya sudah mendengar kabar terkait dengan praktik doping yang juga dilakukan atlet Peparnas tersebut. ’’Parahnya lagi, mayoritas atlet yang menggunaka­n zat terlarang tersebut adalah peraih medali emas di PON Jawa Barat lalu,’’ keluhnya.

Nah, salah satu langkah kongkret yang akan dilakukan oleh pemerintah dalam waktu dekat, membentuk dewan disiplin. Lembaga tersebut bakal bertugas sebagai hakim untuk menegakkan disiplin atlet nasional. Anggotanya terdiri atas unsur PB PON, Kemenpora, dan LADI (Lembaga Anti Doping Indonesia). Tugasnya, meminta klarifikas­i dari para atlet yang terduga menggunaka­n doping. (ben/c20/ady)

 ?? FAJRI ACHMAD NF/BANDUNG EKSPRES-JPG ?? KOMPETITIF: Salah satu laga judo pada Peparnas 2016 Oktober lalu. Dari ajang Peparnas 2016, ada dua atlet yang terbukti positif doping.
FAJRI ACHMAD NF/BANDUNG EKSPRES-JPG KOMPETITIF: Salah satu laga judo pada Peparnas 2016 Oktober lalu. Dari ajang Peparnas 2016, ada dua atlet yang terbukti positif doping.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia