Jawa Pos

Verstappen Driver of the Year Pilihan Fans

-

LONDONL – FIA dan mana najemen Formula 1 sudah s semestinya menjadikan hasil sejumlah media ternama untuk menemukan cara menarik pen nonton kembali menikma mati balapan. Salah satu situs rujukan kemarinke melakukan jajak pendapat u untuk menentukan pem- balap favorit alias Driver of the Year. Hasilnya, pembalap muda Red Bull-TAG Heuer Max Verstappen yang terpilih.

Belum lama ini Autosport juga memilih Verstappen sebagai penerima penghargaa­n Best Overtaking 2016. Pembalap kelahiran Belanda itu bukan cuma sekali menerima penghargaa­n yang sama. Tahun ini penghargaa­n tersebut diterimany­a untuk tiga tahun secara beruntun.

Dari dua hasil polling tersebut, bisa dipastikan bahwa penggemar F1 haus akan hadirnya seorang pembalap yang tampil agresif di trek. Punya mental tangguh menghadapi pembalappe­mbalap top berstatus juara dunia. Tidak canggung berduel wheel-to-wheel dengan mereka. Bahkan memenangi duel tersebut.

Kemenangan­nya di GP Spanyol tahun ini seperti kisah dongeng yang siapa pun tak berani membayangk­an sebelumnya. Meski kemenangan itu sedikit banyak dipengaruh­i kesalahan dua pembalap Mercedes yang bertabraka­n pada lap pertama, tetap saja kisah itu adalah ’’magis’’. Sebab, Verstappen baru memulai debut di F1 pada 2015. Dan, ketika menjadi pemenang itu, Verstappen kali pertama membalap dengan mobil baru RB12 setelah Red Bull menukarnya dengan Daniil Kvyat (Scuderia Toro Rosso).

Perilakuny­a yang cuek menghadapi kritik tajam dari para seniornya di grid lantaran gaya balapnya dinilai berbahaya tak membuatnya frustrasi. Itu justru menjadikan­nya semakin tenang dan dewasa. Podiumnya di Kanada, Austria, Inggris, Malaysia, dan Jepang membuktika­n bahwa Verstappen tak cuma bisa membalap, tapi juga menghibur. Bahkan, penampilan di balapan basah Brasil membuat namanya disejajark­an dengan Ayrton Senna dan Michael Schumacher.

Tahun ini Crash tak hanya mendasarka­n polling- nya pada pertanyaan-pertanyaan terkait dengan prestasi secara kualitatif. Tapi, ada beberapa pertanyaan lain yang disisipkan untuk mendapatka­n hasil polling yang lebih objektif. Sebanyak 70 ribu orang mengikuti polling tersebut. (cak/c17/nur)

 ?? ANDREU DALMAU/EPA ?? Crash, polling motorsport motorsport, KONDANG: Pembalap muda Red Bull TAGHeuer menjadi yang te terpopuler dalam polling yang diadakan sejumlahse­jumla media F1 ternama.
ANDREU DALMAU/EPA Crash, polling motorsport motorsport, KONDANG: Pembalap muda Red Bull TAGHeuer menjadi yang te terpopuler dalam polling yang diadakan sejumlahse­jumla media F1 ternama.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia