Jawa Pos

Jalan-Jalan Berbuah Kerja Sama

-

SEBERAPA pun besarnya kecintaan terhadap profesi, tentu ada kalanya muncul masa penat dan jenuh. Tidak terkecuali Hamdiyatur Rohmah. Guru kelas II SD SAIM itu biasanya langsung merencanak­an liburan ke tempat favoritnya. Gunung.

Sejak 2007 Hamdiya jatuh cinta dengan gunung. Pendakian memang membutuhka­n perjuangan yang menguras tenaga. Namun, semua itu terbayar setelah dia berhasil mencapai puncak. ’’Di gunung kita akan menyadari betapa kecilnya manusia,’’ tuturnya.

Tidak kurang dari sepuluh gunung sudah didaki perempuan yang kini menjabat humas SAIM itu. Di antaranya, Gunung Welirang, Arjuno, dan Anak Krakatau. Selain itu, banyak perbukitan di sekitar kampung halamannya di Lamongan.

Hobinya itu juga didukung tempatnya bekerja. Sebagai sekolah alam, SAIM memiliki program mengajak siswa SMP dan SMA untuk naik gunung. Jika tidak ada tanggungan pekerjaan, Hamdiya biasanya menyempatk­an diri untuk ikut.

Hamdiya selalu punya misi. Belajar dan mengajar. ’’Sebelum berangkat, biasanya saya browsing dulu sekolah yang bisa dikunjungi. Lalu, kirim e-mail. Kalau mereka welcome, ya saya ke sana untuk sharing pengalaman,’’ paparnya.

Tidak sedikit kunjungan yang menghasilk­an kerja sama antara sekolah tersebut dan SAIM. Misalnya, Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Kemudian, Zuhri Al Irsyad Singapura untuk pembelajar­an Alquran dan jaringan SEAMEO (Southeast Asian Ministers of Education Organizati­on). ’’Beberapa masih kerja sama dalam bentuk sederhana dulu,’’ katanya.

 ??  ??
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? GANTI SUASANA: Hamdiyatur Rohmah, guru Sekolah Alam Insan Mulia, saat mengajak siswa belajar di luar kelas.
ANGGER BONDAN/JAWA POS GANTI SUASANA: Hamdiyatur Rohmah, guru Sekolah Alam Insan Mulia, saat mengajak siswa belajar di luar kelas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia