Jawa Pos

Permudah Interaksi dengan Polisi

-

SURABAYA – Masyarakat kini semakin mudah berkomunik­asi dengan polisi, terutama bagi yang berada di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Untuk melapor atau update info kriminalit­as, masyarakat tidak perlu datang ke kantor polisi.

Ya, kini ada Smart Cops. Aplikasi via smartphone Android itu bisa digunakan sejak kemarin. Aplikasi tersebut menyajikan semua hal yang biasa dilakukan masyarakat di kantor polisi. Misalnya, melaporkan peristiwa kejahatan atau kecelakaan. Informasi mengenai daftar buron dan kasus yang sedang ditangani polisi juga tersedia di Smart Cops.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Takdir Mattanete mengungkap­kan, aplikasi tersebut dibuat agar masyarakat bisa memantau dan melaporkan segala peristiwa kepada polisi dengan cepat dan mudah. Dengan begitu, ada sinergi antara polisi dan masyarakat. ”Sekarang semua pakai smartphone, jadi lebih mudah daripada harus ke kantor polisi untuk ngurus ini itu atau laporan,” ujarnya saat soft launching Smart Cops kemarin (24/12).

Selain meringkas kerja SPKT di kepolisian, aplikasi tersebut bisa digunakan dalam keadaan darurat. Ada tombol SOS yang dapat ditekan untuk mendapatka­n bantuan polisi. Caranya, tinggal tekan tiga kali lingkaran warna merah di bagian paling bawah aplikasi tersebut. Tulisannya SOS. Selanjutny­a, operator di SPKT melacak lokasi pelapor. ”Petugas langsung menuju lokasi. Jadi, cepat dan sigap mengatasi sebuah peristiwa,” terangnya.

Untuk dapat menikmati layanan di aplikasi tersebut, masyarakat yang sudah mengunduh diminta mengisi biodata. Tujuannya, polisi bisa mencatat dan mengetahui identitas pengguna. ”Juga mempermuda­h jika polisi membutuhka­n data pengguna untuk keperluan penyelidik­an,” terangnya.

Takdir berharap aplikasi tersebut bisa membuat masyarakat peduli terhadap lingkungan sekitar. ”Penjahat akan berpikir dua kali karena gerak-geriknya diawasi dan dipantau,” kata perwira yang akan bertugas di Baharkam Polri itu.

 ?? FARID MAULANA/JAWA POS ?? INOVATIF: Aplikasi Smart Cops bisa dimanfaatk­an oleh masyarakat untuk melapor atau update info kriminalit­as.
FARID MAULANA/JAWA POS INOVATIF: Aplikasi Smart Cops bisa dimanfaatk­an oleh masyarakat untuk melapor atau update info kriminalit­as.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia