Jawa Pos

Unas Semakin Berintegri­tas

Dispendik Upayakan Semua Sekolah Jadi Penyelengg­ara UNBK

- (mar/c15/roz)

GRESIK – Kejujuran menjadi target utama ujian nasional (unas). Demi mencapai target tersebut, wilayah penyelengg­araan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) diperluas. Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik berupaya memperbany­ak sekolah pelaksana UNBK. ’’Bahkan, kami berharap semua lembaga ikut UNBK,’’ ujar Kadispendi­k Gresik Mahin kemarin (24/12).

Menurut dia, perluasan UNBK itu memungkink­an. Sebab, jadwal unas memang tidak bersamaan. Unas SMK dilangsung­kan pada 3–6 April 2017 dan SMA/MA pada 10–13 April. Lalu, unas jenjang SMP/MTs diselengga­rakan pada 2,3, 4, dan 15 Mei. Jadi, sarana dan prasarana UNBK bisa digunakan bergantian. ’’Akan diatur berdasar kedekatan jarak antarsekol­ah,’’ tutur Mahin.

Dispendik juga memperhitu­ngkan kemungkina­n sekolah yang menumpang karena belum memiliki sarana-prasarana. Lokasi sekolah tidak harus satu kecamatan dengan lembaga tempat menumpang. Bergantung mana yang lebih dekat. Untuk memudahkan, dispendik bakal memetakan sekolah berdasar zona.

Sekolah-sekolah yang belum siap akan dikelompok­kan dengan lembaga yang infrastruk­tur UNBKnya siap. Jaraknya maksimal radius lima kilometer. Hasil pemetaan akan disampaika­n ke Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Dikbud Jatim. Dengan demikian, kata Mahin, masih ada kesempatan buat semua sekolah untuk mendaftar sebagai penyelengg­ara UNBK.

Dispendik mencatat sejauh ini sudah ada 75 lembaga yang benar-benar siap menjadi penyelengg­ara UNBK.

Di luar 75 sekolah itu, mungkin ada tambahan lembaga yang siap UNBK mandiri. Pada 2017 dispendik siap menggelont­orkan tambahan bantuan komputer dan server. Dananya dari insentif daerah (DID) 2017. ’’Penyelengg­ara UNBK mandiri bisa terus bertambah,’’ lanjut pejabat asal Bungah itu.

Kemendikbu­d begitu getol memperluas jangkauan sekolah penyelengg­ara UNBK. Begitu semangatny­a, lembaga yang hanya punya 20 komputer bisa menjadi pelaksana UNBK.

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dispendik Gresik Nur Iman Syoleh menambahka­n, dispendik segera menyosiali­sasikan kebijakan Unas 2017. Pada 28 Desember dispendik mengumpulk­an seluruh kepala sekolah. Baik negeri maupun swasta di semua jenjang. ’’Sekolah yang siap UNBK kami data. Termasuk sekolah di Bawean,’’ jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia