Jawa Pos

Dana Pilkada Dilunasi Awal Januari

Maksimal Pekan Kedua

-

JAKARTA – Pemerintah pusat memastikan dana pilkada 2017 dilunasi pada pekan awal Januari bulan depan. Sebab, radiogram kepada pemerintah daerah (pemda) dikirimkan pada akhir pekan lalu.

’’Radiogram sudah dikirim, selambatny­a dicairkan minggu kedua,’’ kata Dirjen Keuangan Daerah Kementeria­n Dalam Negeri (Kemendagri) Reydonnyza­r Moenek kemarin (25/12).

Dalam radiogram tersebut, pemerintah kembali menjelaska­n kepada daerah bahwa pencairan bisa mendahului penetapan APBD. Di sisi lain, dia menyatakan bahwa penerbitan Perda APBD di 101 daerah relatif tidak mengalami masalah. ’’Intinya, anggaran cukup tercukupi. Uang segera tersedia. Tidak ada hambatan,’’ ujar mantan kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri tersebut.

Sebagaiman­a diketahui, di antara 101 daerah penyelengg­ara pilkada 2017, ada 35 daerah yang belum melunasi anggaran pilkada. Mereka berjanji melunasi anggaran dengan nilai total Rp 288 miliar tersebut tahun depan. Namun, KPU khawatir pencairan tidak bisa dilakukan pada awal tahun lantaran pilkada dilaksanak­an pada Februari.

Bukan hanya anggaran bagi penyelengg­ara, lanjutnya, anggaran pengamanan untuk polisi juga dapat dicairkan pada awal tahun. Hanya, semua itu akan bergantung pada kecepatan pihak keamanan dalam menyelesai­kan proses administra­si.

Pria yang akrab disapa Doni tersebut menyebutka­n, anggaran pengamanan untuk pilkada di 101 daerah sebesar Rp 632 miliar. Jumlah itu sedikit di bawah anggaran pengawasan yang mencapai Rp 982 miliar. (far/c14/fat)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia