Jawa Pos

Tergelinci­r, Wings Air Patah Roda

-

SEMARANG – Pesawat Wings Air ATR 72-600 mengalami kecelakaan di Bandara Ahmad Yani, Semarang, kemarin. Di tengah guyuran hujan, pesawat dari Bandung yang mengangkut 68 penumpang dan 4 kru itu tergelinci­r saat mendarat hingga mengalami patah roda belakang.

Jawa Pos Radar Semarang melaporkan, insiden itu terjadi pukul 18.12 WIB. Tidak ada korban jiwa. Namun, peristiwa tersebut membuat penumpang panik. Kejadian itu juga membuat beberapa penerbanga­n mengalami keterlamba­tan.

Vindarin, salah seorang penumpang, mengungkap­kan, saat kejadian, dirinya dikejutkan dengan suara keras. ’’Saat itu memang saya tidak tidur, pengin konsentras­i menikmati suasana landing. Saat mendarat, tiba-tiba ada suara keras ’kleek’ seperti ada yang patah,’’ tuturnya. ’’Semua penumpang ketakutan. Berteriak. Sepertinya roda belakang patah,’’ ujar pria 50 tahun tersebut.

Penumpang lain, Nur Rahmah, 18, menambahka­n, kejadian itu membuat pesawat miring ke kanan dan sempat mengeluark­an percikan api. ’’Pas mendarat, ada guncangan keras. Tiba-tiba pesawat miring ke kanan. Sayapnya kena aspal, mengeluark­an percikan api,’’ katanya. ’’Habis itu kita belum diperboleh­kan turun. Sekitar lima menit tiba-tiba pintu didobrak. Setelah itu, baru diperboleh­kan keluar,’’ ujar warga Banyumanik, Semarang, itu.

Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait membenarka­n adanya insiden tersebut. Pesawat itu adalah Wings Air ATR 72-600 dengan nomor penerbanga­n IW 1896. Pesawat mengalami overshoot atau keluar runway saat melakukan pendaratan.

’’Cuaca saat melakukan pendaratan memang hujan. Tapi, kita akan menuggu hasil lebih lanjut dari lembaga berwenang,’’ ujarnya. Tidak ada korban jiwa. Seluruh penumpang langsung dievakuasi ke terminal bandara.

Akibat kejadian tersebut, Bandara Ahmad Yani ditutup hingga pukul 22.40. Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementeria­n Perhubunga­n (Kemenhub) Bambang S. Ervan mengatakan, penutupan bandara untuk keperluan evakuasi. Soal penyebab kecelakaan, Kemenhub menyerahka­n sepenuhnya pada pihak Komisi Nasional Keselamata­n Transporta­si (KNKT).

Penutupan bandara berdampak pada penerbanga­n dari dan menuju Semarang. Ada tiga pesawat yang divert (dialihkan ke bandara lain). Yakni, Garuda Indonesia 244 yang harus return to base ke Jakarta, Kal Star Aviation 966 divert Surabaya, dan Wings 1803 divert Surabaya. (mha/sga/mia/c17/ca)

 ?? JAWA POS RADAR SEMARANG ?? MIRING KE KANAN: Proses evakuasi penumpang pesawat Wings Air yang tergelinci­r di Bandara Ahmad Yani, Semarang, kemarin.
JAWA POS RADAR SEMARANG MIRING KE KANAN: Proses evakuasi penumpang pesawat Wings Air yang tergelinci­r di Bandara Ahmad Yani, Semarang, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia