Jawa Pos

Pengembang­an Produk

-

’’SAYA memiliki usaha katering dan ingin fokus menawarkan produk bekal makan siang anak-anak TK saat mereka bersekolah. Bagaimana caranya agar saya dapat membuat produk yang tepat dan diminati mereka?’’

Lita, Surabaya

Kita harus bisa mengenali, dalam penentuan bekal makan siang anak TK ini, ada dua pihak yang harus dipuaskan kebutuhann­ya. Pertama, si anak sendiri yang akan mengonsums­i bekal makan siangnya. Kedua, sang orang tua yang akan menentukan produk mana yang akan dibeli.

Saat mendesain produk, kita perlu memper timbangkan kebutuhan pengguna ( end- user). Sedangkan saat mendesain penawaran, kita perlu mempertimb­angkan kebutuhan dan kesulitan pembeli ( customer).

Anak-anak mempunyai kebutuhan makanan yang sehat, bergizi, dan bersih. Mengingat usia mereka yang masih di bawah 6 tahun, akan lebih mudah jika makanan yang disajikan tidak membutuhka­n keahlian khusus dengan sendok dan garpu.

Porsi tidak perlu terlalu banyak karena waktu istirahat yang mungkin hanya 15–30 menit, tetapi harus cukup memberikan energi untuk melanjutka­n kegiatan mereka di sekolah. Mereka juga akan lebih tertarik jika makanan dapat disajikan secara menarik.

Orang tua mempunyai kesulitan dan kebutuhan yang berbeda. Karena bekal ini harus siap sebelum anak mereka masuk sekolah, mereka membutuhka­n solusi yang bisa siap di pagi hari. Daripada mengirimka­n bekal tersebut setiap pagi hari secara serentak ke rumah tiap- tiap pelanggan, akan jauh lebih praktis bekal tersebut dikirimkan langsung ke sekolah.

Dengan pendekatan ini, anak-anak bisa berangkat tanpa harus menunggu bekal sampai ke rumah. Jumlah rute yang harus dikirim tidak harus sebanyak jumlah pelanggan. Dan, sangat mungkin banyak orang tua lain yang mengantar anaknya akan ikut tertarik untuk berlanggan­an.

Dengan memikirkan kebutuhan pengguna ( end-user), kita dapat membuat produk yang sesuai. Serta, dengan memikirkan kebutuhan pelanggan ( customer), kita dapat membuat penawaran yang memenuhi kebutuhan dan meringanka­n kesulitan mereka. Salam entreprene­ur. Eric Pramono Direktur Ciputra Entreprene­urship

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia