Rp 5 Miliar untuk Rehab Tujuh Pasar

Dana Berasal dari DAK dan APBD 2017

Jawa Pos - - Jakarta -

NGANJUK – Tujuh pasar dipastikan direhab tahun depan. Pemkab telah mengalokasikan Rp 5 miliar dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2017.

Berdasar data yang dihimpun Jawa Pos Radar Nganjuk, anggaran rehab pasar menggunakan dana alokasi khusus (DAK) dan APBD. Dua di antara tujuh pasar bakal direhab dengan DAK Rp 3,213 miliar. Yakni, Pasar Baron dan Lengkong. Kemudian, dana APBD Rp 2,5 miliar dimanfaatkan untuk merehab Pasar Ngronggot, Gondang, Rejoso, Kertosono, dan Warujayeng.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Pertambangan Energi ( Dispe rin dagkoptamben) Nganjuk Heni Rochtanti menyatakan, ada anggaran rehab pasar dari peme rintah pusat melalui DAK setiap tahun. Tahun ini, pemkab memperbaiki Pasar Kerep di Bagor dan Gondang. Pada 2015, alokasi DAK difungsikan untuk memperbaiki Pasar Pace, Sukomoro, dan Berbek. ’’ Kami selalu menerima bantuan untuk perbaikan pasar tradisional,” ungkapnya.

Bagaimana ketentuan pasar yang diperbaiki? Heni menyebutkan, pasar tersebut telah melalui verifikasi. Baik dari tim dinas pendapatan, pengelolaan keuangan, dan aset daerah (DPPKAD) maupun disperindag. Pihaknya memotret kondisi setiap pasar di Kabupaten Nganjuk.

Hasilnya, rata-rata pasar mengalami kerusakan pada bagian atap lapak. Kios dan lapak juga mulai usang. Kerusakan terparah otomatis menjadi prioritas. ’’Kami utamakan yang parah,” kata perempuan berkurudung itu.

Dalam rehab nanti, Heni mengutamakan pembangunan lapak dan perbaikan kios. Tujuannya, para pedagang bisa menempati pasar secara layak. Selain itu, ada pembangunan drainase, kamar mandi, dan tempat parkir.

Ada 23 pasar tradisional di Kabupaten Nganjuk. Dari jumlah tersebut, belum semuanya diperbaiki. Perbaikan pasar lain diusulkan pada 2018. Menurut Untung, salah seorang peda gang di Pasar Rejoso, banyak atap lapak yang bocor. Drainase juga tidak lancar. ’’ Karena dicor, sulit membersihkannya. Setiap kali hujan, air masuk ke pasar,” ucap pria asal Desa Rejoso itu. ( baz/ ut/ c18/ diq)

ANWAR BAHAR BASALAMAH/JAWA POS RADAR NGANJUK

TUNGGU GILIRAN: Pasar Rejoso yang bagian atapnya rusak baru bisa direhab tahun depan dengan menggunakan dana APBD.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.