Tak Angkut Sampah karena BBM Habis

Jawa Pos - - Nusantara -

TUMPUKAN sampah di tempat pembuangan Sementara (TPS) di Jalan Pangkalan H Muttar, Kelurahan Nunukan Timur, Nunukan, Kalimantan Utara, membuat warga resah. Tumpukkan sampah yang didominasi sisa makanan tersebut hampir menutupi badan jalan. Belum lagi aroma menyengat yang tercium ketika melintasi jalan itu. Bahkan, baunya mulai masuk ke rumah warga sekitar.

Hingga kini, sampah tersebut belum diangkut Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemadam Kebakaran (DKPPK) Nunukan sebagai instansi teknis yang menangani masalah itu. Sebab, truk pengangkut sampah masih mogok alias tak memiliki bahan bakar minyak (BBM) untuk beroperasi.

Rahman, salah seorang warga setempat, menyatakan, tumpukan sampah tersebut telah disampaikan kepada kelurahan. Namun, hingga saat ini, sampahnya belum juga diangkut. ”Sudah enam hari, tidak ada yang mengangkut sampah itu. Padahal, sebelumnya, ketika sudah banyak tumpukan sampah, pasti diangkut petugas DKPPK,” katanya kepada Radar Nunukan ( Jawa Pos Group) kemarin (25/12).

Saat dikonfirmasi media ini, Kepala DKPPK Andi Akhmad menjelaskan, sejak beberapa hari lalu, armada kebersihan memang mengalami kekosongan BBM. ”Beberapa hari ini tidak ada solar. Karena itu, sampah tersebut tak diangkut petugas” ucapnya. Selain BBM kosong, ada beberapa petugas kebersihan yang melaksanakan perayaan Natal. Mereka, lanjut Akhmad –sapaan Andi Akhmad– dipastikan tidak bekerja dalam beberapa hari. (nal/eza/JPG/c5/diq)

ILUSTRASI: CHIS/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.