Jawa Pos

Panaskan Amunisi sebelum Kompetisi

Piala Presiden Bergulir Mulai Februari

-

JAKARTA – Klub- klub di tanah air punya kesempatan untuk menjajal amunisi mereka. Sebab, sejumlah turnamen pramusim bergulir dalam waktu dekat. Di antaranya, Bali Island Cup 2017 yang rencananya ber langsung pada pertengaha­n Januari. Bali United FC bertindak sebagai tuan rumah.

Persija Jakarta juga punya gawe. Tim ibu kota itu akan menyelengg­arakan Trofeo Persija Jakarta 2017 beberapa pekan sebelum Indonesia Super League (ISL) Maret mendatang.

Nah, PSSI sebagai induk organisasi sepak bola juga sudah menyiapkan turnamen pramusim. Yakni, Piala Presiden 2017 yang bakal diikuti klub kasta tertinggi di tanah air. Turnamen itu rencananya bergulir pada pertengaha­n Februari 2017.

’’Piala Presiden menjadi opsi terbaik kami untuk pemanasan para klub,’’ kata Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono. ’’ Tapi, konsepnya bagaimana dan pesertanya bagaimana masih dalam tahap pembahasan,’’ tambahnya.

Piala Presiden pernah dihelat pada 2015. Saat itu operatorny­a Mahaka Sports Entertainm­ent. Persib Bandung menjadi jawara Piala Presiden edisi perdana setelah mengalahka­n Sriwijaya FC di final.

Hanya, dalam edisi pertama tersebut, tidak semua tim ISL tampil. Terutama tim- tim asal Papua seperti Persipura Jayapura, Persiram Raja Ampat, dan Persidafin Dafonsoro.

Nah, karena bukan event wajib, Joko belum bisa memastikan klub mana saja yang berlaga di Piala Presiden 2017. Pria asal Ngawi itu menyatakan, PSSI baru bisa memastikan semuanya bersamaan dengan Kongres Tahunan PSSI di Bandung pada 8 Januari nanti.

Meski demikian, Arema FC mengatakan siap tampil di Piala Presiden 2017. ’’Kami memang sudah diundang, tapi baru secara lisan. Pada prinsipnya, Arema siap,’’ kata General Manajer Arema Cro nus Ruddy Widodo.

Sebagai catatan, Piala Presiden sebelumnya menggunaka­n format grouping dengan total 16 peserta. Mereka dibagi ke dalam empat grup. Juara dan runnerup grup lolos perempat final yang memakai format home and away. Namun, partai final menggunaka­n format single match. (ben/c15/bas)

 ??  ?? kickoff
kickoff

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia