Tantangan Kerjakan Soal Online Berbarengan dengan UAS

Olimpiade bidang perbankan belum tenar di kalangan siswa SMA. Namun, justru hal tersebut menarik minat tiga siswa SMAK Petra 2 Surabaya. Mereka harus menghadapi lomba yang berbarengan dengan ujian akhir sekolah (UAS). Mereka pun bangga ketika kemudian ber

Jawa Pos - - Pendidikan - ANTIN IRSANTI (*/c20/jan)

IVAN Kuswarianto, Debora Natasia Gunawan, dan Dicky Reyhan Wibisono tidak menyangka kelompoknya bisa men jadi jawara Sampoerna Banking Olympics ( SBO) 2016. Sebelumnya, mereka tidak berharap banyak pada lomba yang baru kali per tama diikutinya itu. Namun, setelah mengetahui ha silnya, mereka sangat lega.

Tiga siswa tersebut bergabung menjadi sebuah tim untuk menghadapi kompetisi SBO 2016. Awalnya, Ivan mengetahui lomba itu dari salah satu akun media sosial yang dia ikuti. Remaja kelas XII IPA tersebut lantas mengajak Debora dan Dicky. Mereka membuat esai yang isinya tentang pemahaman terhadap keuangan di Indonesia. ’’Kami memang tertarik dengan dunia perbankan dan keuangan,’’ ucap Ivan.

Saat hasil esai diumumkan, rupanya kelompok mereka dinyatakan maju ke babak selanjutnya. Yakni, mengerjakan soal-soal olimpiade secara online pada 21– 23 November. Itu berbarengan dengan jadwal UAS. Wah, itu jadi sebuah tantangan. Apalagi, jadwal Ivan, Dicky, dan Debora mengerjakan soal olimpiade adalah pukul 12.00. Alhasil, mereka langsung cepat- cepat pulang setelah menyelesaikan UAS.

Ada tiga jenis soal. Yakni, perbankan dan ekonomi, good corporate gover

nance, dan matematika. Soal-soal tersebut diberikan per tahap selama tiga hari ( 21– 23 November). Ivan dkk pun berbagi tugas. Yang bisa pulang cepat setelah mengerjakan UAS lang sung pulang ke rumah. ’’Nanti yang lainnya nyusul,’’ terang remaja berka camata itu. Pada 24 November mereka mendapatkan pengumuman yang dikirim melalui

e-mail dan dinyatakan lolos ke babak penyisihan.

Dalam babak tersebut, mereka harus membuat video dengan tema yang telah ditentukan. Sebenarnya, ada lima tema yang disediakan. Kelompok Petra 2 juga sudah menyiapkan beberapa materi. Namun, akhirnya, mereka memilih tema kredit UMKM di Indonesia. ’’Sebab, topik ini sedang hangat di Indonesia,’’ kata Ivan.

Dalam babak pembuatan video, Ivan dan kawan-kawan harus berhadapan dengan 11 kelompok lainnya. Ada yang berasal dari Jogjakarta, Aceh, Jakarta, Pekanbaru, Palembang, Bogor, dan Bekasi. Video disebarkan melalui media sosial. ’’ Yang mendapatkan respons

like terbanyak bisa lolos ke babak berikutnya,’’ jelasnya.

Tak disangka, video yang dibuat di area sekolah dan menggabungkan beberapa berita dari televisi nasional itu berhasil lolos ke babak semifinal. Tinggal empat kelompok yang maju ke babak tersebut. Mereka diminta ke Jakarta untuk mempresentasikan videonya dan menghadapi babak cerdas cermat.

Tahap demi tahap berhasil mereka lalui. Hingga akhirnya, tersisa dua calon jawara. Babak final dilakukan pada 5 Desember di Balai Sudirman, Jakarta. Setelah menghadapi uji presentasi dan debat perbankan dalam bahasa Inggris dengan SMAN 8 Jogjakarta, tim SMA Petra 2 berhasil jadi pemenangnya. ’’Senang banget, kami ber- syukur dan berterima kasih kepada semua yang telah mendukung kami,’’ tutur Ivan bahagia.

Bagi Ivan, kemenangan tersebut menjadi bekal baginya untuk memasuki jenjang kehidupan yang lain. Pelajar yang bercita-cita bekerja di dunia keuangan itu semakin percaya diri menggapai impiannya. Guru pendamping lomba SMAK Petra 2 Mulyati Dewi ikut bangga dengan prestasi yang diraih siswa didiknya. Memang, persiapan yang mereka lakukan sudah cukup matang. Apalagi, ketiganya memang menyukai dunia perbankan. ’’Cukup mendadak lombanya, tapi mereka bisa menyelesaikan dengan baik,’’ ujarnya.

Prestasi yang diraih tiga siswa tersebut diharapkan bisa memacu murid-murid yang lain untuk mengikuti jejaknya. Dia berharap ke depan lebih banyak lagi siswa yang berpartisipasi dalam lomba-lomba tingkat nasional, bahkan internasional.

DOK. DICKY REYHAN WIBISONO

SANG JAWARA: Dari kiri, Debora Natasia, Mulyati Dewi, Ivan Kuswarianto, dan Dicky Reyhan menunjukkan hasil kemenangannya di halaman Balai Sudirman, Jakarta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.