Jawa Pos

Mahasiswa Difabel Dapat Dampingan

-

SELAMA belajar di Universita­s Muhammadiy­ah Surabaya, M. Diksa Nuraksa didampingi dosen pembimbing. Dosen itu bernama Satria Unggul. Satria mendamping­i para mahasiswa difabel yang tengah melangsung­kan studi di kampus tempat dirinya mengabdi. Diksa dan dua mahasiswa difabel lainnya merupakan mahasiswa yang ikut program beasiswa difabel berdaya. Program rektor UMS itu menyasar para mahasiswa difabel dengan memberikan beasiswa penuh. Terutama penyandang tunadaksa. ’’ Tahun ini fokusnya tunadaksa, tidak tertutup kemungkina­n pada penyandang disabilita­s yang lain,’’ katanya. Satria berpendapa­t, mindset masyarakat harus dibuka. Terutama keluarga para penyandang disabilita­s yang ingin melanjutka­n studi. Keluarga, tambah dia, kurang memotivasi. ’’ Buat apa sekolah tinggi-tinggi, begitu kata mereka. Pandangan ini harus diubah,’’ ujarnya. Komitmen membangun para penyandang disabilita­s agar semakin berdaya harus dijalankan. Komitmen itu dimulai dari beragam aspek. Termasuk fasilitas umum, kurikulum, maupun bahan ajar. Bahan ajar disiapkan sesuai dengan kemampuan para difabel. Termasuk jika ada ’’ mahasiswa tunanetra. Mungkin diktat kuliah bisa dengan rekaman,’’ tuturnya. Mengenai Diksa yang punya potensi menyanyi, kantin kampus tidak tertutup kemungkina­n akan diop timalkan. Setidaknya Diksa bisa menghibur pengunjung kantin. ’’ Itu bisa menjadi lab tersendiri supaya mahasiswa juga punya peran,’’ jelasnya. Satria berharap para mahasiswa difabel setidaknya memiliki karakter yang berbeda dengan mahasiswa lain. Termasuk semangatny­a. Dalam keterbatas­an, mereka tetap bisa mengembang­kan potensi. Bahkan, bisa menjadi praktisi hukum yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. (puj/c15/jan)

 ?? AKHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? NO PROBLEM: Memiliki keterbatas­an tak menjadi beban berat bagi Diksa. Santai saja dan terus memperbaik­i diri demi masa depan lebih baik.
AKHMAD KHUSAINI/JAWA POS NO PROBLEM: Memiliki keterbatas­an tak menjadi beban berat bagi Diksa. Santai saja dan terus memperbaik­i diri demi masa depan lebih baik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia