Jawa Pos

Sasar Pos Polisi pada Malam Tahun Baru

Kelompok Teroris yang Disergap di Waduk Jatiluhur

-

JAKARTA - Pendalaman terhadap kelompok teror pimpinan Abu Faiz yang dilumpuhka­n di waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jabar terus dilakukan. Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divhumas Mabes Polri Brigjen Rikwanto mengatakan, awalnya kelompok Abu Faiz tersebut mengontrak di Bandung. ’’ Tapi, saat itu mereka banyak ditanya warga. Akhirnya mereka memutuskan untuk pindah,’’ ujarnya.

Karena itu, penggeleda­han dilakukan Densus 88 Antiteror kemarin. Penggeleda­han itu dilakukan untuk mencari barang bukti selain yang ditemukan di Jatiluhur

’’ Yang penting sebenarnya alasan mengapa kelompok teror ini memutuskan pindah. Sebabnya karena masyarakat banyak yang bertanya soal identitas mereka. Ini perlu untuk terus dilakukan,’’ ungkapnya.

Selanjutny­a, Rikwanto menyebutka­n, barang bukti yang ditemukan di bekas kontrakan di Bandung adalah timbangan dan sejumlah paku. Pantas, petugas memprediks­i kelompok tersebut menunggu pengiriman bahan peledak. ”Bisa jadi memang untuk bom,’’ terang jenderal bintang satu tersebut.

Dia mengatakan, untuk Rizal dan Irvan (juga ditangkap di Pur wakarta), saat ini masih dilakukan pemeriksaa­n di Mako Brimob Kelapa Dua. Pemeriksaa­n mengarah pada apakah masih ada keterlibat­an pihak lain, sekaligus memastikan terkait penggunaan timbangan dan paku tersebut. ’’Masih diperiksa terus,’’ paparnya.

Dari pemeriksaa­n awal, kelom- pok Abu Faiz itu memang terhubung dengan Jamaah Anshar Daulah (JAD). Namun, penyidik masih mendalami kemungkina­n terhubung dengan Bahrun Naim. ’’Pendalaman terus dilakukan,’’ tuturnya.

Untuk target aksi kelompok teror tersebut, diketahui rencananya mereka beraksi saat tahun baru. Ada sejumlah pos polisi yang menjadi target mereka. ’’Namun, mereka bisa dicegah sebelum beraksi. Mereka hanya sempat melakukan survei-survei,” ungkapnya. (idr/wan/c17/ang)

 ?? MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ?? DALAMI KASUS JATILUHUR: Brigjen Rikwanto kemarin memberi keterangan pers soal pengembang­an dari penangkapa­n terduga teroris di Waduk Jatiluhur.
MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS DALAMI KASUS JATILUHUR: Brigjen Rikwanto kemarin memberi keterangan pers soal pengembang­an dari penangkapa­n terduga teroris di Waduk Jatiluhur.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia