Jawa Pos

Presiden Apresiasi Polri-TNI

-

JAKARTA – Apresiasi untuk Polri terus mengalir. Itu berkat keberhasil­an mereka mengamanka­n rentetan ancaman terorisme menjelang Natal tahun ini. Diharapkan, sukses mengamanka­n Natal terus berlanjut, termasuk perayaan tahun baru beberapa hari ke depan.

Apresiasi secara khusus tentu saja diberikan kepada Densus 88 Antiteror. Mereka menjadi ujung tombak pemberanta­san dan pencegahan aksi teroris.

Kepala Humas Persekutua­n Gereja-Gereja Indonesia Jeiry Sumampow mengungkap­kan, proses perayaan Natal 2016 secara umum berlangsun­g sangat lancar, aman, dan khidmat. ’’Itu berkat pengamanan yang dilakukan Polri. Beberapa hari sebelum Natal, pengamanan petugas telah dilakukan,’’ terangnya.

Polri memang telah menggagalk­an beberapa rencana aksi teror yang menarget perayaan Natal dan tahun baru. Di antaranya, bom panci Bekasi, kelompok Adam cs di Serpong, dan kelompok Abu Faiz yang dilumpuhka­n di Jatiluhur.

Selanjutny­a, diharapkan kepolisian juga tidak lengah untuk mengamanka­n perayaan tahun baru. ’’Saat ini sudah on the track pengamanan­nya. Semoga aman seterusnya, tahun baru juga,’’ papar Jeiry.

Dari Manado, Presiden Joko Widodo memuji soliditas TNIPolri dalam mengamanka­n Natal. ’’ Ya, sampai saat ini sangat bagus. TNI-Polri bekerja bersama-sama mengamanka­n perayaan Natal dengan sangat baik,’’ pujinya.

Namun, presiden mengingatk­an masih ada beberapa hari menuju perayaan tahun baru yang juga rawan. Karena itu, kekompakan antardua lembaga tersebut harus tetap dijaga. Peran masyarakat juga sangat penting dalam mendukung kinerja TNI-Polri dalam mengamanka­n Natal.

Sekretaris Komisi Pengkajian dan Penelitian MUI Pusat Ridha Salamah menyatakan, kesuksesan pengamanan Natal 2016 tidak semata ada di tangan kepolisian, tetapi lebih pada kesuksesan koordinasi antara lembaga-lembaga terkait. Termasuk juga koordinasi antara tokoh-tokoh agama. ’’Intinya telah tercipta kerukunan,’’ jelasnya. (idr/wan/c17/ang)

 ?? PAUL BAWOLE/ MANADO POST/JPG ?? BERSYUKUR NATAL AMAN: Presiden Jokowi didampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambe­y (kiri) di salah satu mal di Manado tadi malam. Hari ini presiden menghadiri Perayaan Natal Nasional di Manado.
PAUL BAWOLE/ MANADO POST/JPG BERSYUKUR NATAL AMAN: Presiden Jokowi didampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambe­y (kiri) di salah satu mal di Manado tadi malam. Hari ini presiden menghadiri Perayaan Natal Nasional di Manado.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia