Jawa Pos

Bandara Ahmad Yani Kembali Normal

-

JAKARTA – Insiden pesawat Wings Air yang tergelinci­r di Bandara Ahmad Yani, Semarang, mulai teratasi. Kini aktivitas bandara berangsur normal.

Kepala Bagian Kerja Sama dan Humas Ditjen Perhubunga­n Udara Agoes Subagio mengatakan, Bandara Ahmad Yani sudah dibuka kembali pada pukul 07.41 WIB kemarin. ”Penerbanga­n dari dan ke bandara tersebut telah normal. Memang terjadi beberapa pergeseran slot, tapi sudah berangsur membaik,” jelasnya di Jakarta kemarin (26/12).

Namun, dia tetap mengimbau pihak terkait untuk tetap bersiaga dan melakukan pelayanan maksimal kepada penumpang. Sebab, masih ada potensi delay atau pergeseran slot yang terjadi karena insiden itu. ”Pihak maskapai dan pengelola bandara diminta tetap bersiaga dan waspada. Semua pemberi layanan harus berupaya maksimal sesuai peraturan yang berlaku kepada penumpang,” ujarnya.

Pesawat ATR 72-600 milik Wings Air yang tergelinci­r itu kini telah dipindahka­n ke apron F Bandara Ahmad Yani. Pesawat tersebut diserahkan dan menjadi kewenangan KNKT untuk menyelidik­i insiden tersebut. Ditjen Perhubunga­n Udara juga akan membantu proses investigas­i oleh tim KNKT dengan memberlaku­kan grounded sementara kepada pilot pesawat tersebut. ” Pilot in command pesawat ATR 72-600 Wings Air itu, Kapten George Tarun Rajan, akan dilarang terbang sampai penyelidik­an selesai,” tegasnya. Pihaknya bakal bertindak tegas jika pihak maskapai atau awak pesawat salah.

Sementara itu, Menteri Perhubunga­n Budi Karya Sumadi menyatakan, pihaknya sudah menegur awak pesawat yang tidak profesiona­l. Meski insiden kemarin terjadi pada kondisi cuaca buruk, dia merasa awak pesawat harus siap menghadapi semua faktor yang mengganggu penerbanga­n. ”Memang ini kan akibat cuaca ekstrem. Jadi, awak tidak konsentras­i tentang variabel yang berubah. Tapi, saya menegur awak yang tidak profesiona­l,” ujarnya.

Seperti diberitaka­n, Bandara Ahmad Yani ditutup sementara pada Minggu (25/12) mulai pukul 18.24 WIB. Penutupan tersebut dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada petugas dan tim dari KNKT untuk mengevakua­si pesawat ATR 72-600 Wings Air yang mengalami overshoot di runway 13. (bil/c10/nw)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia