Jawa Pos

Paling Royal Pinjamkan Talenta

-

KALAU ada tim yang layak disebut paling murah hati, Chelsea mungkin masuk dalam kategori itu. Bagaimana tidak, klub milik konglomera­t Rusia Roman Abramovich tersebut musim ini meminjamka­n 38 pemainnya ke berbagai klub di Eropa dan Amerika Selatan. Sungguh pemurah.

Belum ada pesaing yang sepadan dengan mereka di antara klub Premier League. Hanya beberapa klub asal Portugal yang punya gaya mirip. Mereka, antara lain, FC Porto yang meminjamka­n 20 pemain, Benfica (19 pemain), dan Sporting Lisbon (17 pemain).

Itulah bagian dari strategi mereka untuk memberikan kesempatan bermain kepada para pemain mudanya. Sebab, kalau melihat Chelsea musim ini, para pemain itu sangat sulit mendapatka­n tempat. Pelatih Chelsea Antonio Conte adalah tipe yang mempertaha­nkan the

dan jarang rotasi. Risikonya, beberapa pemain mu- da dalam tim tak dapat banyak kesempatan meski berprospek. Ruben Loftus-Cheek, Nathaniel Chalobah, dan Ola Aina termasuk talenta muda yang jadi korban. Karena itu, cukup beruntung pemain seperti Nathan Ake, Mario Pasalic, dan Charly Musonda, yang dipinjamka­n kepada klub lain.

Namun, strategi seperti itu menuai hasil positif bagi Chelsea dalam beberapa tahun terakhir. Kendati demikian, jumlahnya minim. Mereka yang dipinjamka­n atau lebih pas disekolahk­an ke klub lain dan kembali masuk tim inti. Mereka, antara lain, Thibaut Courtois, Nemanja Matic, Victor Moses, Nathaniel Chalobah, dan Dominic Solanke.

Nah, di antara beberapa pemain yang sekarang dipinjamka­n, yang naik daun dan musim depan berpotensi bisa menembus skuad utama adalah Ake dan Pasalic. Ake menjadi bagian penting bagi Bournemout­h musim ini dan Pasalic bersinar bersama AC Milan.

Ake, oleh pelatihnya di Bournemout­h, Eddie Howe, disebut sebagai pemain yang layak masuk skuad Chelsea. Musim ini dia jadi pemain inti di bek tengah dan punya kontribusi bagus dalam menyerang. Faktanya, hingga pekan ke-17, bek 21 tahun tersebut mencetak tiga gol.

”Menurut saya, dia mampu bermain di Chelsea. Terutama ketika bermain di dalam formasi tiga beknya. Hal itu bakal sempurna baginya,” klaim bek kanan Bournemout­h Adam Smith sebagaiman­a dilansir Daily Star. Tidak hanya bisa menempati di jantung pertahanan, versatilit­as Ake juga membuatnya dapat bermain sebagai bek kanan, kiri, dan gelandang.

Sebagaiman­a dilansir Metro, Conte gembira dengan penampilan Ake. Tapi, dia butuh kembali bicara dengan klub tentang keputusan apakah menarik Ake atau tidak dalam waktu dekat. (ren/c16/ham)

 ??  ?? Inswinning team
Inswinning team

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia