Jawa Pos

Poyet Tolak Nepotisme, Essien Bisa Jadi Owner

Klub yang sibuk mencari pemain baru di bursa transfer musim dingin pada Januari 2017 ada baiknya mencermati daftar Sebab, beberapa pemain tanpa klub tersebut memiliki kemampuan yang lumayan bagus.

-

34 tahun Prancis AC Milan (2016) Kontrak tidak diperpanja­ng 35 tahun Bulgaria PAOK (2016) Kontrak tidak diperpanja­ng free agent. COBA lihat daftar nama- nama berikut ini. Emmanuel Adebayor, Philippe Mexes, Maicon, Royston Drenthe, Martin Caceres, Raul Meireles, Sulley Muntari, hingga Jefferson Farfan dan Dimitar Berbatov. Memang, usia mereka rata-rata sudah berkepala tiga. Tapi, kemampuan mereka masih mumpuni untuk bersaing setidaknya di klub medioker liga-liga elite Eropa. Saat bursa transfer musim panas lalu, mereka boleh dibilang tidak beruntung mendapatka­n klub baru. Ada yang masih dalam pemulihan cedera seperti Caceres dan Meireles atau memang sedikit jual mahal. Berbatov dan Farfan, misalnya, berharap bisa bermain di Eropa meski tawaran menggiurka­n dari Asia, khususnya Timur Tengah, terus datang. Begitu juga Diego Poyet. Gelandang berkebangs­aan Uruguay itu jauh dari kata pemain veteran alias masih berusia 21 tahun! Tapi, setelah kontraknya diputus West Ham United, Poyet memilih opsi menganggur. Padahal, kalau mau, pemain yang pernah membela timnas Inggris U-16 dan U-17 itu memiliki ayah seorang pelatih sepak bola, Gus Poyet. Awal musim ini, Poyet senior juga menangani klub La Liga Real Be- tis. Meski kemudian dipecat Betis pada 12 November lalu, Poyet senior malah dipercaya menangani klub Liga Super Tiongkok Shanghai Shenhua. ’’Aku bukan orang yang akan memanfaatk­an posisi ayahku dalam meniti karir. Meski, orang mungkin mengira aku akan hijrah ke Spanyol dan kini Tiongkok,’’ kata Poyet junior yang kini dikaitkan dengan klub Championsh­ip Derby County sebagaiman­a dilansir Derby Telegraph.

Usia yang sudah tidak muda juga bukan halangan bagi dua alumnus Serie A, Maicon (eks AS Roma) dan Philippe Mexes (AC Milan). Keduanya masih optimistis bisa mendapatka­n klub baru pada bursa transfer Januari. Maicon yang berusia 35 tahun itu dihubunghu­bungkan dengan Besiktas, sedangkan Mexes diminati Dinamo Bucharest.

Untuk Mexes, sosok manajer umum Dinamo yang baru, Adrian Mutu, bisa memuluskan proses. Mutu yang dikenal sebagai mantan striker Parma, Chelsea, Juventus, dan Fiorentina boleh dibilang pemain seangkatan Mexes. Mutu yang kini berusia 37 tahun sejatinya juga belum memutuskan pensiun sebagai pemain.

’’Philippe Mexes adalah pemain berpengala­man yang saya inginkan berada di Dinamo karena klub ini membutuhka­n bek setangguh dia,’’ kata Mutu kepada Pengalaman Mexes memang cukup baik. Bersama timnas Prancis, bek 34 tahun itu sudah tampil 29 kali. Ditambah ketika masih berseragam Auxer re, Roma, dan Milan yang mencapai 600 laga.

Di sisi lain, memiliki klub baru juga menjadi impian Michael Essien yang berstatus free agent sejak putus kontrak dari Panathinai­kos musim lalu. Tapi, memiliki klub baru yang dimaksud di sini bukan sebagai pemain, melainkan sebagai pemilik atau

Ya, pria 34 tahun asal Ghana itu dikabarkan sudah menjalin negosiasi untuk mengakuisi­si 40 persen kepemilika­n klub Irlandia Limerick FC. Sebagaiman­a dilansir negosiasi dilakukan Essien dengan klub promosi di kompetisi kasta utama Irlandia tersebut sejak musim panas lalu.

Ketertarik­an Essien menjadi pemilik Limerick tak lepas dari istrinya, Akosua Puni. Istri Essien yang punya yayasan anakanak telantar tertarik dengan sebuah proyek Limerick dalam mengedukas­i anak-anak miskin di Treaty City

’’ Yang kami lakukan dengan Michael Essien adalah investasi untuk sebuah acara amal pada musim panas lalu dan bukan untuk membeli klub kami,’’ kelit Chairman Limerick FC Pat O’Sullivan. ( okt/c17/dns)

 ?? AFP PHOTO / MARCELLO PATERNOSTR­O ?? Usia: Kebangsaan: Klub terakhir: Keterangan:
AFP PHOTO / MARCELLO PATERNOSTR­O Usia: Kebangsaan: Klub terakhir: Keterangan:
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia