Jawa Pos

Dunia Terancam tanpa Antibiotik

Sejak Alexander Fleming menemukan penisilin pada 1928, penggunaan­nya sebagai obat anti-infeksi meningkat dengan sangat cepat. Namun, hal itu menimbulka­n masalah baru, yaitu munculnya populasi kuman yang kebal terhadap penisilin.

-

HAL ini sebetulnya diingatkan Fleming sejak 70 tahun lalu, sewaktu menerima hadiah Nobel. Dia menyebutka­n bahwa penggunaan antibiotik yang kurang tepat akan menyebabka­n bakteri atau mikroba menjadi resistan. Antibiotik pun tidak lagi berguna.

’’Pemberian obat yang baik harus memperhati­kan 4 tepat & 1 waspada, yaitu tepat obat, tepat dosis, tepat waktu, tepat lama pemberian, dan waspada pada efek samping obat,” ujar dr Bambang Wahjupraji­tno SpAn-KIC, ketua Komite Pencegahan dan Pengendali­an Infeksi Siloam Hospitals Surabaya.

Menurut Bambang, bila bakteri menyebabka­n infeksi, harus dilakukan terapi yang benar agar perkembang­annya bisa dihentikan. ”Bakteri atau mikroba itu punya kemampuan adaptasi yang cepat sekali untuk survive,” ujarnya.

Saat bakteri bermutasi, responsnya terhadap antibiotik pun berubah. Misalnya, bakteri A awalnya mati begitu diberi antibiotik yang tepat. Namun, apabila antibiotik diberikan dengan cara atau dosis yang kurang tepat, bakteri A bisa saja memperbaik­i materi genetisnya (mutasi) hingga menjadi resistan terhadap antibiotik.

Dari tahun ke tahun, para ilmuwan membuat antibiotik baru untuk melawan perkembang­an resistansi tersebut. Tetapi, dengan cepat pula timbul resistansi bakteri baru. ”Penelitian dan produksi antibiotik itu memakan waktu 10–15 tahun. Dalam jangka waktu itu, bakteri sudah menjadi resistan,” kata Bambang.

Kalau keadaan itu tidak diatasi dengan segera dan secara serius, sangat mungkin dunia akan kembali ke era sebelum antibiotik ditemukan. Jalan keluar mengatasi keadaan itu saat ini hanyalah pen- cegahan supaya tidak terjadi infeksi. Kalaupun ada infeksi, gunakan antibiotik secara tepat dan bijaksana sesuai saran dan resep dokter. Di AS, bakteri yang resistan terhadap antibiotik dilaporkan menginfeks­i sekitar 2 juta orang setiap tahun dan sebanyak 23 ribu orang tidak bisa diselamatk­an. Para ilmuwan mulai memikirkan bagaimana jika antibiotik yang beredar sekarang tidak lagi mampu melindungi manusia dari infeksi. ”Orang dengan sistem kekebalan yang lemah akan sangat rentan, tapi siapa pun punya risiko yang sama di dunia pascaantib­iotik,” papar Cesar de la Fuente, bioenginee­r dari Massachuse­tts Institute of Technology (MIT). Ada beberapa langkah yang ditempuh untuk melawan bakteri mematikan. Pertama, bakteri tidak selalu harus dimatikan selama bisa dinetralka­n. ”Bakteri akan tetap ada, namun infeksi yang ditimbulka­n tidak parah. Proses itu akan mengha- silkan sistem kekebalan pada tubuh, kesempatan untuk memerangi infeksi tersebut,” ujar François Franceschi, program officer untuk pengembang­an terapi Bacteriolo­gy and Mycology Branch, National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID).

Kedua, membuat antibiotik yang ada sekarang menjadi lebih efektif. Para ilmuwan sedang meneliti penggunaan partikel nano untuk menghasilk­an obat kanker dan antibiotik. Antibiotik menyebar ke seluruh tubuh dan merupakan racun dalam dosis tinggi. Dengan partikel nano, obat dalam konsentras­i tinggi bisa disatukan dalam satu partikel. ”Kekuatanny­a mampu menghadang mekanisme resistansi bakteri,” ujar Liangfang Zhang, nanoengine­er University of California, San Diego.

Alternatif lain adalah memanfaatk­an phage (sejumlah virus yang menginfeks­i bakteri dan bisa mematikann­ya). ”Pada dasarnya mereka adalah musuh natural bakteri,” ucap Lu. Atau, menggabung­kan berbagai strategi di atas untuk menghambat pertahanan bakteri. ”Bakteri berkembang dengan sangat cepat dan kita harus terus menemukan cara baru untuk menangkaln­ya,” lanjutnya. (len/nor/c7/ayi)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia