Jawa Pos

Program Rutin untuk Pertahanka­n Gelar

-

MONACO – Leader Team Sky Chris Froome mematok target besar pada musim 2017. Agenda keikutsert­aan di beberapa event sudah dirancang. Semua diatur demi memuluskan keinginann­ya menyabet buruan utama atau mempertaha­nkan gelar di Tour de France yang dihelat Juli mendatang. Musim ini dia ingin meraih gelar keempatnya di grand

paling megah tersebut. Juara Tour de France 2013, 2015, dan 2016 itu membenarka­n, Tour de France 2017 dengan rute baru menyajikan persaingan yang sangat berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya. ”Hanya ada tiga kali finis di pegunungan. Juga, hanya satu di antaranya yang memiliki tanjakan curam dan panjang,” ucap Froome seperti dilansir Cyclingnew­s.

Menurut Froome, bila menilik rute yang tersedia, persaingan bakal sangat terbuka. Pemenang general classifica­tion (GC) tidak akan ditentukan dalam satu hari lomba. ”Apalagi, etape time trial juga pendek. Itu akan menjadi balapan yang lebih terbuka,” tambah pembalap 31 tahun tersebut.

Setelah merayakan Natal dengan keluarga di Monaco, Froome langsung bersiap terbang ke Australia. Dia akan memulai debut di ajang one day race Cadel Evans Great Ocean Road Race yang dihelat pada 29 Januari.

Pertarunga­nnya di Negeri Kanguru berlanjut dengan juga turun di Herald Sun Tour pada 1–5 Februari. Musim lalu dia menjadi kampiun ajang itu.

Froome bakal menghindar­i mu- sim dingin Eropa dan melanjutka­n aktivitasn­ya dengan menjalani training camp di Afrika Selatan selama tiga minggu. Dia akan melewatkan ajang Paris-Nice maupun Tirreno-Adriatico. Dia kali pertama menginjakk­an kaki untuk balapan di Eropa di event Volta a Catalunya yang dihelat pada 20–26 Maret.

Di sela-sela menjalani training camp bersama Team Sky, pada akhir April Froome juga dijadwalka­n ambil bagian di Tour de Romandie. Setelah itu, dia akan lanjut dengan turun pada Criterium du Dauphine pada awal Juni. Lantas langsung menuju Tour de France (1–23 Juli). ”Program ini seperti biasa yang sudah saya lakukan pada tahun-tahun sebelumnya,” ucap Froome sebagaiman­a dilansir Gazzetta dello Sport. (irr/c11/ady)

 ?? KENZO TRIBOUILLA­RD/AFP PHOTO ?? BERSAING LAGI: Chris Froome (kanan) dan Nairo Quintana saat menjalani lomba etape ke-17 Tour de France 2016 Juli lalu. tour
KENZO TRIBOUILLA­RD/AFP PHOTO BERSAING LAGI: Chris Froome (kanan) dan Nairo Quintana saat menjalani lomba etape ke-17 Tour de France 2016 Juli lalu. tour

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia