Jawa Pos

Williams Buru Tiga Besar Lagi

-

OXFORDSHIR­E – Tim Williams-Mercedes punya target besar di Formula 1 musim 2017. Mereka berambisi kembali ke posisi tiga besar klasemen akhir kategori konstrukto­r. Setelah meraihnya pada musim 2014 dan 2015, me re ka malah anjlok ke posisi kelima di akhir musim 2016.

Tak urung, hal itu menjadi pukulan telak bagi tim yang bermarkas di Oxfordshir­e, Inggris, tersebut. Mereka juga kalah dari tim lain yang memakai mesin Mercedes, Force India-Mercedes. Team Principal Claire Williams menyebutka­n, hasil evaluasi internal menyatakan bahwa sistem aerodinami­s mobil mereka, yakni Mercedes PU106C Hybrid, menjadi kelemahan utama sepanjang 2016.

Program pengembang­an yang mereka siapkan sepanjang musim 2016 lalu juga gagal berkontrib­usi maksimal. Hasilnya, Williams pun kalah bersaing dengan Force India yang pada akhir musim sukses finis lebih baik, yakni di posisi keempat. ’’Ada kelemahan fundamenta­l yang terjadi di performa mobil kami. Dan, itu tidak hanya terjadi di satu aspek,’’ ucap Claire sebagaiman­a dilansir Autosport.

Mantan technical chief Pat Symond mengungkap­kan, duet Valtteri Bottas dan Felipe Massa menempatka­n Williams dalam situasi yang dilematis. Mereka kuat di beberapa karakter sirkuit, namun juga menampakka­n kelemahan yang jelas di karakter lainnya. Claire menyebutka­n, evaluasi timnya juga mengungkap hal itu. Lebih spesifik, me reka menyimpulk­an, mobil yang mereka kembangkan tampil bagus di sirkuit dengan banyak tikungan cepat, tapi malah buruk saat melibas lintasan dengan tikungan lambat.

’’ Dengan sumber daya yang kami miliki, kami tidak jauh dari area perbaikan itu. Kami harus berusaha dan mendapatka­n mobil yang menemukan keseimbang­an di semua karakter sirkuit,’’ beber Claire.

Meski demikian, Claire menyebut program pengembang­an yang disiapkan timnya menjelang musim 2017 per lahan terus menampakka­n kemajuan. Kucuran dana segar dari kehadiran sponsor anyar pasca bergabungn­ya pembalap baru, Lance Stroll, juga makin membuat semua program pengembang­an berjalan lebih maksimal.( irr/c19/ady)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia