Jawa Pos

Kualitas Pengerjaan Buruk, Sambari Marah

-

GRESIK – Berkali-kali jadi sorotan publik, Bupati Sambari Halim Radianto turun langsung memantau hasil proyek normalisas­i anak Kali Lamong. Orang nomor satu di Gresik itu hanya geleng-geleng kepala ketika melihat hasil proyek bernilai miliaran rupiah itu. ’’Terlihat jelas, penataanny­a asal-asalan. Bahkan, belum 100 persen,’’ ujar Sambari.

Maklum jika Sambari marah besar. Saat meninjau proyek normalisas­i anak Kali Lamong di Morowudi, pemasangan sheet pile (turap beton) Rp 1,3 miliar itu tidak sampai 100 meter. Pemasangan­nya pun tidak sesuai teknis.

Reaksi serupa tampak ketika Sambari mendatangi proyek pengerjaan plengsenga­n di anak Kali Lamong di Desa Iker-Iker Geger. Proyek Rp 718 juta itu juga asal-asalan. Kemiringan beton penahan jauh dari ideal dan membuat kedalaman sungai justru berkurang. Pemasangan­nya acak-acakan. ’’Kalau pengerjaan seperti ini, tidak bisa meminimalk­an luapan Kali Lamong,’’ tutur Sambari. ’’Teknis pengerjaan­nya tidak sesuai dengan kriteria,’’ tambahnya.

Gara-gara itu, setelah melakukan inspeksi, Sambari langsung meminta dinas PU untuk segera mengevalua­si kontraktor proyek normalisas­i anak Kali Lamong. ’’ Jika tingkat kesalahann­ya besar, Pak Bupati minta kontraktor di- blacklist,’’ jelas Kabaghumas Pemkab Gresik Suyono yang ikut dalam sidak tersebut.

Sorotan terhadap proyek normalisas­i Kali Lamong sebenarnya berlangsun­g sejak lama. Selain kualitasny­a, proyek itu telat. Sampai-sampai, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) merekomend­asikan penghentia­n tujuh proyek normalisas­i anak sungai.

Selain masalah normalisas­i, program besar revitalisa­si total Kali Lamong macet bertahun-tahun. Sebab, lahan yang sudah dibebaskan minim. Hingga kini, lahan yang sudah dibebaskan pemkab baru mencapai 23 hektare pada enam desa di tiga kecamatan. Padahal, jumlah lahan yang dibutuhkan awalnya 262 hektare pada 34 desa di enam kecamatan. Jumlah lahan bertambah lantaran karena skema pembebasan lahan berubah. (ris/c15/ai)

 ?? ARIS IMAM MASYHUDI/JAWA POS ?? KECEWA: Bupati Sambari Halim Radianto (kanan) mengecek proyek normalisas­i anak sungai Kali Lamong di Desa Morowudi.
ARIS IMAM MASYHUDI/JAWA POS KECEWA: Bupati Sambari Halim Radianto (kanan) mengecek proyek normalisas­i anak sungai Kali Lamong di Desa Morowudi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia