Jawa Pos

Operasi RSUD Tunggu Pengadaan Sarana

-

NGANJUK – Pemkab Nganjuk akan mengoper as ion al kan RSUD Kertosono II tahun ini. Hanya, prosesnya masih menunggu penyerahan dari rekanan. Selain itu, pihak rumah sakit (RS) harus melakukan pengadaan sarana baru.

Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Agus Subagyo menyatakan, proyek pembanguna­n RSUD Kertosono II selesai sejak akhir tahun lalu. Saat ini proyek tersebut tinggal pemelihara­an dari rekanan selama enam bulan.

”Sekarang dalam tahap pemelihara­an,” kata Agus kepada Jawa Pos Radar Nganjuk.

Kapan mulai beroperasi? Agus belum bisa menyebutka­n waktunya. Meski demikian, dia memastikan, tahun ini RS tersebut harus mulai beroperasi. Apalagi, dalam APBD, pihaknya sudah mengalokas­ikan anggaran untuk pengadaan mebel dan peralatan RS lainnya.

Namun, Agus mengakui, sejauh ini, belum ada penyerahan dari rekanan ke pemkab. Mengenai waktu operasi, pemkab belum bisa memastikan. ”Koordinasi dengan direktur lama (Noeroel Cholis, Red). Pemanfaata­n dilakukan secara bertahap dulu,” lanjutnya.

Secara fisik, RSUD Kertosono II di Jalan Surabaya-Nganjuk lebih besar dibanding RSUD lama di Jalan Supriyadi. Namun, berdasar tipe, standar RSUD baru masih mengikuti yang lama. Yakni, bertipe C. Meski besar, peralatan dan jumlah sumber daya manusia (SDM) belum memenuhi standar RSUD tipe A.

Mengenai rencana pengoperas­ian RSUD Kertosono, Ketua Komisi C DPRD Nganjuk Tatit Heru Tjahjono meminta pemkab segera memanfaatk­annya. Sebab, seharusnya tidak ada masalah dengan pembanguna­n fisiknya. ”Penyerahan harus selesai setelah deadline proyek,” kata politikus PDI Perjuangan tersebut. (baz/ut/c21/diq)

 ?? ANWAR BAHAR BASALAMAH/JAWA POS RADAR NGANJUK ?? MEGAH: Proyek RSUD Kertosono 2 yang selesai dibangun akhir Desember segera dimanfaatk­an setelah masa perawatan dari rekanan selesai.
ANWAR BAHAR BASALAMAH/JAWA POS RADAR NGANJUK MEGAH: Proyek RSUD Kertosono 2 yang selesai dibangun akhir Desember segera dimanfaatk­an setelah masa perawatan dari rekanan selesai.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia