Jawa Pos

Debut Manis Oscar, Carvalho Gabung SIPG

-

DOHA – Shanghai SIPG tidak sia-sia merogoh kocek cukup dalam untuk memboyong Oscar dari Chelsea. Setidaknya, attacking midfielder berbandero­l GBP 60 juta (Rp 974,2 miliar) itu langsung memberikan kontribusi dalam laga debutnya bersama Red Eagles, julukan Shanghai SIPG.

Oscar berhasil mencatatka­n namanya dalam scoresheet saat mengantark­an Shanghai SIPG menang 2-1 atas Al Batin di Doha, Qatar, kemarin (9/1). Laga tersebut merupakan bagian dari uji coba pramusim Red Eagles sebelum bergulirny­a Liga Super Tiongkok (CSL) 2017.

Sebagaiman­a dilansir Sky Sport, Oscar tidak langsung bermain sebagai starter. Pemain 25 tahun itu baru dimasukkan pelatih Shanghai SIPG Andre Villas-Boas di babak kedua. Gol Oscar tercipta saat memanfaatk­an umpan dari tendangan bebas Lu Wenjun.

’’Saya hanya berlatih selama 2 hari sebelum pertanding­an ini,’’ kata Oscar. ’’Ini adalah awalan yang bagus untuk musim baru dan kami hanya memiliki satu tujuan, yakni menang,’’ imbuh pemain berpaspor Brasil tersebut.

Oscar tak lupa mengapresi­asi rekan setimnya karena banyak membantuny­a untuk cepat beradaptas­i. Khususnya dua pemain asing Shanghai SIPG yang notabene kompatriot Oscar, Hulk dan Elkeson. ’’Sangat sulit mendapatka­n permainan yang bagus dalam waktu singkat, tetapi kami mampu mewujudkan­nya,’’ jelas mantan pemain Internacio­nal dan Sao Paulo tersebut.

Di sisi lain, Oscar ternyata bukan satusatuny­a pemain asing baru di Shanghai SIPG musim ini. Sebab, klub peringkat ketiga CSL 2016 itu telah mendatangk­an seorang lagi pemain asing. Dia adalah bek veteran Portugal, Ricardo Carvalho.

Pemain 38 tahun tersebut sebelumnya berstatus free agent setelah kontraknya tidak diperpanja­ng AS Monaco akhir musim lalu. Meski usianya lumayan gaek, Carvalho yang juga mantan bek Real Madrid dan Chelsea itu memiliki jam terbang tinggi. Bahkan, dia menjadi bagian dari skuad Portugal saat memenangi Euro 2016. ’’Kesepakata­n sudah tuntas!!! Shanghai SIPG telah mendapat tanda tangan Ricardo Carvalho,’’ cuit akun resmi AFC Championsh­ip di Twitter kemarin.

Bergabungn­ya Carvalho tak lepas dari koneksinya dengan Villas-Boas. Selain senegara, Villas-Boas berusia hanya setahun lebih tua dari Carvalho. ( okt/c20/dns)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia