Jawa Pos

Segera Benahi Akses SIB

-

SURABAYA – Pemkot tetap optimistis dengan masa depan Sentra Ikan Bulak (SIB). Berbagai perbaikan terus dilakukan. Bahkan, pemkot berencana membenahi akses menuju SIB.

Camat Bulak Suprayitno menjelaska­n, salah satu akses yang akan dibenahi adalah Jalan Cumpat. Jalur tersebut menjadi akses menuju SIB dari Jalan Kedung Cowek. Saat ini kondisi Jalan Cumpat memang menyempit. Lebarnya hanya 2 meter. Cukup dilewati satu mobil. Rencananya, jalan tersebut diperlebar. ”Tapi, saya tidak tahu detailnya mau diperlebar berapa meter. Yang menangani adalah dinas PU (Dinas PU Bina Marga Pemkot Surabaya, Red),” katanya.

Pemkot juga bakal memperleba­r Jalan Pantai Kenjeran hingga Kejawan Lor, di sisi dekat jembatan pompa air Kenjeran II. Pelebaran dilakukan dengan pemasangan box culvert di sisi jembatan yang menyempit di Jalan Kejawan Lor.

Perbaikan akses tersebut akan menghubung­kan jalan dari Jembatan Kenjeran menuju arah Jembatan Suramadu dan sebaliknya. Jika akses lebih mudah, Suprayitno yakin angka kunjungan wisatawan bertambah. ”Kami tetap optimistis bisa bikin SIB ramai. Namun, warga jangan kucing-kucingan sama petugas dengan buka lapak liar,” ucapnya. Dia menegaskan, SIB dipriorita­skan untuk pedagang asli Bulak. ”Jangan sampai malah dipakai pedagang dari luar,” lanjutnya.

Dia menyebut beberapa upaya yang dilakukan untuk meramaikan SIB. Misalnya, menyediaka­n kendaraan antar jemput gratis untuk pedagang. Selain itu, pedagang yang bersedia berjualan di SIB tidak dibebani dengan biaya retribusi. ”Air dan listrik juga gratis. Kami menyediaka­n tiga petugas kebersihan dan dua petugas keamanan setiap hari,” paparnya.

Untuk menggairah­kan SIB, Suprayitno terus melakukan upaya promosi. Bahkan, sempat diadakan festival Bulak yang cukup mendapat perhatian masyarakat. ”Petugas satpol PP yang berhijab ikut membantu promosi di depan SIB. Mereka menyuruh pengunjung mampir ke SIB,” tuturnya. (kik/c16/oni)

 ?? OKKY PUTRI RAHAYU/ JAWA POS ?? PEMBELI, DATANGLAH: Pedagang SIB mengeluh karena daganganny­a tak kunjung laku.
OKKY PUTRI RAHAYU/ JAWA POS PEMBELI, DATANGLAH: Pedagang SIB mengeluh karena daganganny­a tak kunjung laku.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia