Jawa Pos

Fokus Alih Kewenangan SMA/SMK

Prof Akh. Muzakki Ketua Dewan Pendidikan Jatim 2016–2021

-

SETELAH vakum sekitar enam bulan, posisi ketua Dewan Pendidikan Jawa Timur terisi juga. Adalah Prof Akh. Muzakki, dekan FISIP dan FEBI Universita­s Islam Negeri Sunan Ampel, yang mengampu jabatan periode 2016–2021 tersebut. Dia menggantik­an Prof Zainuddin Maliki. Kapan prosesi pelantikan­nya? Gubernur baru menandatan­gani surat keputusan (SK)-nya. Pelantikan nanti dibarengka­n dengan rapat kerja supaya lebih efektif.

Program apa saja yang akan dirumuskan untuk dewan pendidikan periode 2016–2021?

Ada tiga kata kunci. Pertama, inovatif untuk memajukan pendidikan di Jatim. Kedua, berkarakte­r. Kita cari kekhasan apa yang mau dikembangk­an pemprov. Ketiga, koordinasi. Pemprov mengayomi 38 kota/kabupaten, ya jadi harus dimanfaatk­an.

Permasalah­an apa yang paling membutuhka­n perhatian dan segera ditangani dewan pendidikan?

Yang paling krusial adalah alih kewenangan SMA/SMK pastinya. Di dalamnya, ada SDM, anggaran, penjaminan mutu, dan distribusi yang belum terakomoda­si dengan baik pada masa UU 23/2014 diterapkan. Apalagi untuk kota dan kabupaten yang selama ini sudah mampu menyelengg­arakan pendidikan gratis. Selain itu, ada apa lagi? Ada juga permasalah­an beasiswa mitra warga ya. Selama ini siswa tidak mampu bisa bersekolah gratis, tapi kini semuanya harus membayar. Dewan pendidikan harus segera mengatur itu. Apa peran dewan pendidikan? Ada beberapa hal yang harus dilakukan. Pertama, pengawasan penyelengg­araan pendidikan. Kedua, terkait kemitraan. Kami adalah mitra warga dan pemerintah. Posisi ada di tengah keduanya. Ketiga, dewan pendidikan juga diberi tugas untuk mengomunik­asikan gagasan-gagasan penting untuk me ma ju kan pendidikan Jatim. (ant/ c7/nda)

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ??
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia