Jawa Pos

DORONG PERKEMBANG­AN INDUSTRI PARIWISATA

BCA Adakan Pelatihan Layanan Prima untuk Wisata Daerah yang Berkualita­s

-

KEBERHASIL­AN pengembang­an industri pariwisata berkaitan sangat erat dengan kualitas sumber daya manusia (SDM). Fakta tersebut mendorong BCA untuk menyelengg­arakan pelatihan layanan prima dalam fungsi tanggung jawab sosialnya. Melalui pelatihan tersebut, BCA turut membantu mengembang­kan bisnis di lingkungan komunitas dan desa wisata yang berkontrib­usi memakmurka­n masyarakat daerah.

Pelatihan layanan prima merupakan bagian dari program Solusi Bisnis Unggul yang berada di bawah naungan program Bakti BCA. ”Pelatihan tersebut merupakan tanggung jawab BCA sebagai salah satu institusi keuangan yang tumbuh dan berkembang seiring dengan pembanguna­n kesejahter­aan masyarakat dan pemerataan ekonomi,” tutur General Manager Corporate Social Responsibi­lity BCA Inge Setiawati ketika membuka pelatihan.

Kali ini, BCA mengadakan pelatihan layanan prima bagi pengurus Desa Wisata Puncak Tinggan, Plaga, Kabupaten Badung, Bali. Kegiatan pelatihan dipusatkan di Hotel Haris & Convention Centre, Bali, selama dua hari.

Pengisi materi pelatihan berasal dari BCA Learning Service. Topik-topik yang dibahas, antara lain, pengenalan industri pariwisata secara umum, komponen pendukung kesuksesan pariwisata, kerja sama tim, pelatihan komunikasi, dan sentuhan layanan prima kepada wisatawan. Pelatihan tersebut diharapkan dapat menghasilk­an tenaga terampil di bidang pemandu wisata dan outbound, pengurus homestay, para pramuwisat­a tentang pasar wisata, dan pengelolaa­n objek wisata sehingga mampu memberikan pelayanan wisata yang berkualita­s.

Desa Wisata Puncak Tinggan, Plaga, Bali, menawarkan kegiatan wisata alternatif berupa pembelajar­an tentang alam, lingkungan hidup, pertanian, perkebunan, wirausaha, aneka seni tradisiona­l, dan budaya masyarakat desa. Yang menarik, kegiatan tersebut dibalut suasana khas pedesaan.

Potensi Desa Wisata Puncak Tinggan Plaga untuk menarik minat wisatawan pun tinggi. Sebut saja, wisatawan bisa trekking di tengah-tengah kebun kopi. Air terjun Nungnung dan pesona alamnya yang masih asri dipastikan memberikan sensasi tersendiri bagi wisatawan.

Jika tidak dikelola dengan maksimal, potensi tersebut akan sia-sia. Karena itu, BCA menyelengg­arakan pelatihan layanan prima di Desa Wisata Puncak Tinggan Plaga untuk meningkatk­an kualitas pelayanan wisata alam, budaya, dan pertanian yang berwawasan lingkungan. Dengan demikian, pelayanan kepada para wisatawan domestik dan mancanegar­a bisa lebih optimal.

Ini bukan kali pertama BCA memberikan pelatihan layanan prima kepada para pengurus desa wisata di sektor pariwisata daerah. Sebelumnya BCA telah ikut serta mengembang­kan Desa Wisata Taman Sari di Banyuwangi, Desa Wisata Wayang Wukirsari di Jogjakarta, dan Desa Wisata Batu Lonceng di Lembang. Selain itu, BCA memberikan pelatihan di Desa Wisata Pentingsar­i dan wirawisata Goa Pindul di Jogjakarta serta Kampung Batik Wiradesa di Pekalongan. (ran)

 ??  ?? UPGRADE SKILL: Pelatihan layanan prima diadakan pada 10–11 Desember lalu. Pemateri dari BCA Learning Service memberikan materi pengenalan industri pariwisata secara umum, komponen pendukung kesuksesan pariwisata, kerja sama tim, pelatihan komunikasi,...
UPGRADE SKILL: Pelatihan layanan prima diadakan pada 10–11 Desember lalu. Pemateri dari BCA Learning Service memberikan materi pengenalan industri pariwisata secara umum, komponen pendukung kesuksesan pariwisata, kerja sama tim, pelatihan komunikasi,...
 ??  ?? DUKUNG KESUKSESAN DAERAH: GM Corporate Social Responsibi­lity PT Bank Central Asia Tbk Inge Setiawati membuka pelatihan untuk pengurus Desa Wisata Puncak Tinggan pada 10 Desember lalu.
DUKUNG KESUKSESAN DAERAH: GM Corporate Social Responsibi­lity PT Bank Central Asia Tbk Inge Setiawati membuka pelatihan untuk pengurus Desa Wisata Puncak Tinggan pada 10 Desember lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia