Jawa Pos

Pekan Ini Waspada Banjir-Longsor

-

JAKARTA – Periode puncak musim hujan terus berlangsun­g selama sebulan mendatang. Dalam pekan ini, Badan Meteorolog­i, Klimatolog­i, dan Geofisika (BMKG) memprediks­i curah hujan cukup tinggi di Indonesia Bagian Barat dan Tengah. Karena itu, pihaknya mengingatk­an agar masyarakat lebih waspada dan sigap menghadapi bencana ekologi air.

Deputi Bidang Meteorolog­i BMKG Yunus Swarinoto menyatakan, dinamika atmosfer saat ini menunjukka­n aktivitas monsun Asia sedang berinterak­si dengan gelombang tropis. Interaksi yang disertai dengan kondisi sirkulasi angin di Indonesia tersebut cenderung mendukung pertumbuha­n awan hujan. Terutama kawasan Sumatera, Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara.

’’Beberapa area tekanan rendah di selatan Indonesia juga secara bergantian memicu secara tidak langsung munculnya daerah pertemuan angin yang mengakibat­kan intensitas curah hujan tinggi di beberapa kawasan,’’ jelasnya.

Dalam ramalan cuaca seminggu mendatang, pihaknya mencatat ada proyeksi hujan lebat di wilayah Indonesia Tengah seperti Bali, Sulsel, dan NTB. Selain itu, pihaknya mencatat proyeksi awan hujan di wilayah Bangka Belitung dan selatan Jawa. Menurut dia, wilayah-wilayah tersebut menerima banyak hujan sejak musim hujan dimulai Oktober lalu.

Karena itu, kondisi tanah bakal semakin rentan untuk memicu banjir maupun tanah longsor. Belum lagi angin kencang seperti yang pernah terjadi di Banjarnega­ra. Dia pun mengimbau agar masyarakat waspada terhadap bencanaben­cana ekologi air dalam beberapa hari mendatang.

’’Seiring dengan peningkata­n curah hujan, ancaman banjir, longsor, banjir bandang, pohon tumbang juga cenderung meningkat. Pada periode 30 Januari–4 Februari 2017, kami memperkira­kan beberapa wilayah bakal terkena hujan intensitas tinggi,’’ jelasnya.

Secara regional Asia Tenggara, lanjut dia, BMKG memperkira­kan kondisi hujan lebat bisa berlangsun­g hingga 10 Februari. Namun, faktorfakt­or lokal bisa mengubah cuaca regional tersebut.

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pihaknya sudah menetapkan Januari dan Februari sebagai bulan waspada bencana banjir, longsor, serta puting beliung.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia