Jawa Pos

Sempat Buka, Kembali Ditutup Total

-

TRENGGALEK – Tanah longsor susulan kembali terjadi di kilometer 16 dan 17 tadi malam (30/1) sekitar pukul 18.15. Hal itu akibat hujan deras yang mengguyur lokasi mulai sekitar pukul 17.00. Tak pelak hal tersebut mengakibat­kan dua unit mobil di kilometer 17 terjebak longsor, dan sampai berita ini ditulis belum bisa dievakuasi.

“Dengan keadaan ini jalur Trenggalek­Ponorogo kembali ditutup total, dan proses evakuasi akan kami lakukan besok (hari iniRed) sambil berusaha mengevakua­si mobil yang terjebak,” ujar Kades Nglinggis Sunarti.

Dia melanjutka­n, selain itu setiap kali turun hujan deras, warga di sekitar lokasi selalu mengawasi kondisi tebing sekitar. Jika menemukan adanya pergerakan tanah, mereka langsung lari dan melaporkan­nya ke Pemerintah Desa (Pemdes) terkait tindakan gawat darurat, untuk mencegah terjadinya korban.

“Semoga saja dengan pembuatan saluran air di tebing tersebut kemarin (Minggu, 29/1-Red) yang dihadiri unsur Forkompimd­a, bisa mengurangi risiko longsor,” harapnya.

Kondisi ini kontras dengan pada kemarin siang. Jalur utama menuju Ponorogo yang berada di pegunungan tersebut sudah bisa dilintasi. Meskipun demikian risiko rawan kecelakaan masih tinggi, karena lapisan aspal yang masih ada sisa tanah bisa jadi licin terkena air.

“Jika tidak berhati-hati, dengan kondisi jalan yang licin pasti pengemudi sepeda motor akan jatuh,” ujar Kapolsek Tugu Iptu Bambang Purwanto.

Dia menambahka­n, terkait pembersiha­n material longsor kemarin, telah dilakukan mulai pukul 08.00, hingga pukul 13.00. Ini dilakukan agar pekerjaan cepat selesai dan petugas mengoperas­ikan dua unit alat berat yaitu satu unit ekskavator dan satu unit loader. Sehingga saat pembersiha­n maka arus lalu lintas buka tutup agar pekerjaan pembersiha­n tidak ada yang mengganggu. (jaz/rka/and/diq)

 ?? POLSEK TUGU FOR RADAR TRENGGALEK ?? BERSIH-BERSIH: Petugas Polsek Tugu mengatur arus lalu lintas di Km 17. Jalur ini sempat dibuka. Satu unit ekskavator dan satu unit loader membersihk­an material longsor.
POLSEK TUGU FOR RADAR TRENGGALEK BERSIH-BERSIH: Petugas Polsek Tugu mengatur arus lalu lintas di Km 17. Jalur ini sempat dibuka. Satu unit ekskavator dan satu unit loader membersihk­an material longsor.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia