Jawa Pos

Dari Oscar sampai Payet

Bursa Musim Dingin Ditutup Hari Ini

-

MARSEILLE – Bursa transfer musim dingin atau bursa transfer Januari ditutup hari ini (31/1). Meski hanya sebulan jika dibandingk­an dengan bursa transfer musim panas yang berlangsun­g dua bulan, tak berarti tidak ada transaksi dengan nominal besar sepanjang bulan pertama 2017.

Oscar hampir dipastikan menjadi pemegang rekor transfer musim dingin kali ini. Gelandang serang 25 tahun asal Brasil itu membuka bursa dengan dipinang klub Liga Super Tiongkok, Shanghai SIPG, dari Chelsea dengan banderol sensasiona­l. GBP 60 juta atau lebih dari Rp 1 triliun!

Kompatriot Oscar, Alexandre Pato, menjadi nama terakhir yang tergiur pundi-pundi uang dari Tiongkok setelah meninggalk­an Villarreal demi bergabung Tianjin Quanjian. Pato menyusul gelandang internasio­nal Belgia Axel Witsel yang lebih dulu menjadi bagian dari tim asuh Fabio Cannavaro tersebut.

Nah, balik kucingnya Dimitri Payet ke Olympique Marseille dengan fee GBP 25 juta atau Rp 417 miliar kemarin (30/1), tampaknya, menjadi transaksi besar terakhir pada bursa musim dingin. Berakhir pula drama Payet yang meminta kepada West Ham untuk menjualnya sejak awal bulan ini sehingga statusnya ’’dibekukan’’ dari skuad.

West Ham yang tiga kali menolak tawaran Marseille akhirnya mau melepas winger 29 tahun tersebut setelah mendapatka­n penggantin­ya. Yakni, Robert Snodgrass dari Hull City. Payet yang dikontrak dengan durasi 4,5 tahun bakal mendapatka­n jersey nomor sembilan di Les Pocheens, julukan Marseille. ’’OM (Olympique Marseille, Red) sudah seperti rumah kedua bagi saya dan senang akhirnya bisa pulang ke rumah,’’ kata Payet yang pernah dua tahun membela Marseille (2013–2015) sebagaiman­a dikutip Le 10 Sport.

Payet menjadi rekrutmen ketiga Marseille pada bursa musim dingin setelah bek kiri veteran Patrice Evra, 35, dari Juventus dan gelandang bertahan asal Montpellie­r Morgan Sanson, 22. Marseille memang mengalami perubahan besar musim ini setelah diakuisisi pebisnis AS Frank McCourt. ( apu/ c14/ dns)

 ??  ?? Dimitri Payet
Dimitri Payet

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia