Jawa Pos

Target Realistis di Asia Mixed Team

-

JAKARTA – Dua turnamen grand prix gold sudah berlangsun­g pada awal 2017. Rapor pebulu tangkis Pelatnas Cipayung juga tidak terlalu buruk. Berry Angriawan/Hardianto membawa pulang gelar di Malaysia Masters. Sementara itu, Gregoria Mariska Tunjung harus puas finis sebagai runner-up di Syed Modi Internatio­nal Badminton Championsh­ips 2017.

Capaian para pebulu tangkis Indonesia tersebut juga menjadi catatan tersendiri bagi PP PBSI. Terlebih pada 14–19 Februari, Indonesia dipastikan tam pil di ajang Asia Mixed Team 2017. Pada turnamen beregu campuran itu, pelatnas menurunkan kombinasi pemain utama dan pelapis.

Lius Pongoh, manajer tim Indonesia di ajang tersebut, menerangka­n bahwa timnya cukup realistis untuk tampil di ajang itu. Bahkan, sebelumnya dia juga menyebut finis sebagai semifinali­s merupakan tujuan yang realistis. Tetapi, dengan skuad yang ada, kans melaju hingga babak final masih terbuka bagi Indonesia.

’’Kami nggak murni menurunkan pemain muda. Ada beberapa senior yang bisa mengangkat yang lain, seperti Owi (Tontowi Ahmad, Red),’’ kata Lius. Pria yang juga menjadi kepala bidang Pelatnas Cipa- yung tersebut melihat potensi yang dicapai tim nanti bisa menjadi acuan sebelum Piala Sudirman 2017.

Meski, sebenarnya pada Piala Sudirman nanti, kemungkina­n perubahan skuad jelas terlihat. Selain Owi, masih ada pasangan ganda putra Angga Pratama/ Ricky Karanda Suwardi yang akan diturunkan di ajang tersebut. Di sektor tunggal putri, Hanna Ramadini dan Gregoria yang tampil mengejutka­n di India pekan lalu kembali diberi kesempatan.

Christian Hadinata, legenda bulu tangkis Indonesia, melihat Indonesia bisa memberikan kejutan di Asia Mixed Team. Terlebih, ajang itu tidak menjadi kualifikas­i menuju Piala Sudirman nanti.

”Yang lebih penting, ajang tersebut bisa menjadi pematangan pasangan baru di pelatnas,” urai Christian. Pada ajang itu, Owi bakal dipasangka­n dengan Gloria Emmanuel Widjaja. Selain mereka, masih ada Wahyu Nayaka/ Ade Yusuf yang kembali berpasanga­n setelah lebih dari enam bulan Ade dikeluarka­n dari pelatnas. (nap/c7/tom)

 ??  ?? KESEMPATAN: Pasangan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi dinilai tim pelatih semakin padu.
KESEMPATAN: Pasangan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi dinilai tim pelatih semakin padu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia