Jawa Pos

Untung Dia Tidak Balapan

-

HARI pertama uji coba pramusim MotoGP 2017 di Sirkuit Sepang, Malaysia, digunakan tim-tim untuk menjajal banyak motor. Pembalap uji Ducati Casey Stoner tampil sebagai yang tercepat. Tentu Stoner bukan ancaman bagi siapa pun. Sebab, dia sudah pensiun dan belum ingin kembali ke sebagai pembalap MotoGP. Catatan waktu 1 menit 59,681 detik sudah dibukukann­ya setelah jeda makan siang sekitar pukul 13.00. Stoner menggeser posisi utama Ducati Andrea Dovizioso dengan selisih tipis 0,117 detik. Setelah itu, tak ada lain yang mampu memacu motornya lebih cepat dari Australia tersebut. Plus hujan kembali mengganggu jalannya uji coba hari pertama sekitar dua jam sebelum sesi ditutup.

Stoner menunggang Ducati Desmosedic­i GP16 dengan sejumlah

yang dibawa pabrikan Italia tersebut sejak melakukan uji coba privat pada 25–27 Januari lalu. Motor itu dilengkapi ’’ kotak di bawah ekor Desmosedic­i yang membantu kerja knalpot.

Hampir semua pembalap mengakui kecepatan Stoner. utama Ducati Andrea Dovizioso menyebut talenta Stoner sebagai Tapi, soal kecepatan di balapan penuh, Dovi meragukann­ya. ’’Aku rasa semua orang akan mengakui itu,’’ ungkap Dovi saat ditanya apakah dia merasa beruntung Stoner tidak membalap di MotoGP saat ini.

Meski begitu, juara MotoGP Malaysia 2016 itu menyebut secara fisik Stoner tidak siap untuk balapan. Karena sudah empat tahun tak lagi membalap sebagai MotoGP, Dovi yakin tidak mudah bagi juara dunia dua kali itu untuk menyelesai­kan satu balapan penuh dengan konsisten cepat. ’’Dia tidak berada pada situasi terbaik untuk balapan,’’ ucapnya dalam wawancara setelah uji coba.

Di dalam tim, lanjut Dovi, Stoner lebih banyak memberikan masukan tentang pengembang­an motor dan bekerja sama dengan Jorge Lorenzo untuk lebih cepat beradaptas­i dengan motor barunya. Stoner sendiri beberapa kali menolak saat ditawari oleh Ducati. Termasuk ketika diminta menggantik­an Andrea Iannone yang absen lantaran cedera musim lalu.

Mirip dengan Dovi, mantan rival Stoner, Valentino Rossi, punya pendapat yang sama. ’’Iya, dia sangat cepat. Tapi, apa pun itu, dia kan tidak membalap,’’ tuturnya, lalu terbahak. (cak/c17/ady)

 ??  ?? grand big grand grand rider hospitalit­y skill setting rider rider grid upgrade rider salad box’’, Rider unusual. rider rider wildcard
grand big grand grand rider hospitalit­y skill setting rider rider grid upgrade rider salad box’’, Rider unusual. rider rider wildcard

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia