Jawa Pos

Segera Kembali ke Top Five

-

MELBOURNE – Cerita heroik Rogerer Federer dari Australia Terbuka 2017 belum habis. Titel grand slam ke-18 yang direngkuhn­yaa itu membuat Federer resmi kembali ke jajaranan petenis sepuluh besar dunia kemarin.

Gara-gara trofi tersebut, peringkat Federerede­rer naik tajam, tujuh setrip. Dari ranking ke-1717 menjadi ke-10 dunia. Dia pun siap kembali menembus nembusbig five. ’’Bagiku, ini tentang kembali ke jalan yang benar,’’ ujar Federer dilansir abc.

Ranking Federer memang sempat terjun rjun bebas. Dari peringkat ketiga menjadi ke-17 dunia.unia. Sebab, juara Australia Terbuka lima kali tersebuteb­ut mengakhiri musim lalu lebih dini untuk memulihkan­emulihkan cedera lutut kiri. Federer sudah mengakhiri­khiri musim 2016, tepatnya pada Juli. Yakni, setelah h tumbang dari Milos Raonic di semifinal Wimbledon. don.

’’Cerita ini (juara Australia Terbuka, Red) d) sungguh bertolak belakang dengan kondisiku dalamalam enam bulan terakhir,’’ kata Federer dalam sambutan kemenangan di Rod Laver Arena pada Minggu.

Perjalanan Federer menuju gelar ke-18-18 slam bak cerita dongeng. Petenis 35 tahun hun itu menjadi petenis peringkat ke-17 dunia kedua yang mampu menyingkir­kan deretan petenis sepuluh besar untuk menggapai gelar slam. Seorang petenis lain yang dapatt melakukann­ya hanyalah Mats Wilanderr pada Prancis Terbuka 1982. Deretan petenis elite yang disingkirk­an Federer di Melbourne kemarinmar­in adalah Tomas Berdych, Kei Nishikori, Stanislasa­nislas Wawrinka, dan Rafael Nadal.

Gelar Australia Terbuka 2017 juga membuatnya­embuatnya mencetak rekor-rekor baru. Dia menjadiadi petenis pertama yang mampu mengumpulk­ann sedikitnya lima trofi di tiga ajang grand slam berbeda. beda. Selain catatan tersebut, pada usia 35 tahun Federer derer menjadi petenis tertua yang bisa meraih juara ara slam sejak Ken Rosewall menjadi kampiunamp­iun Australia Terbuka 1972 pada usia 37 tahun.hun.

Koleksi lima trofi Australia Terbukaka juga membuat Federer kini masuk jajaran elite di ajang tersebut. Dia bergabung dengan an Roy Emerson dan Novak Djokovic untuk menjadienj­adi petenis ketiga yang sedikitnya telah menjuarai lima edisi Australia Terbuka. Djokovicok­ovic dan Emerson masing-masing memilikimi­liki enam trofi. (irr/c14/ady)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia