Jawa Pos

Dirikan Sanggar hingga Adakan Pelatihan untuk Guru

Modernisas­i makin menggerus tari daerah. Jika tidak diimbangi upaya konkret, tari daerah bisa punah. Karena itu, Kepala UPT Pemberdaya­an Lembaga Seni Wilwatikta Surabaya Arif Rofiq melakukan berbagai cara untuk menyelamat­kan budaya lokal tersebut.

- OKKY PUTRI RAHAYU

PENDAPA Cak Durasim terlihat semarak. Malam itu, 35 tim beradu kebolehan menampilka­n tari daerah. Mereka merupakan wakil TK, SD, dan remaja (SMP dan SMA). Kebanyakan justru tak datang dari Surabaya, melainkan dari beberapa kabupaten/kota di Jawa Timur. Ada yang datang dari Blitar, Ponorogo, Jember, dan Mojokerto.

Tarian yang dibawakan juga bervariasi. Beberapa memang membawakan tari khas daerah asal masing-masing. Lengkap dengan kostum serta dandanan yang selaras dengan tema tarian.

Lomba tersebut merupakan salah satu upaya Arif untuk melestarik­an tari daerah. Menurut dia, rasa cinta terhadap budaya lokal harus ditanamkan sejak kecil. Karena itu, melalui lomba tersebut, seluruh potensi tari Jawa Timur bisa bertemu. Lewat ajang itu pula dia bisa mengetahui perkembang­an seni di daerah.

Memang, Arif sedang giat menghidupk­an potensi tari Jawa Timur. Dia mengingink­an provinsi ini bisa sejajar dengan Jogja maupun Bali yang tari daerahnya sudah mendunia.

Selain memoles potensi anak-anak lewat sanggar tari miliknya, yakni Raff Dance Indonesia, Arif getol mengadakan pelatihan guru tari. ’’Paling cepat kalau guru yang menanamkan kepada mereka di sekolah,’’ ujarnya.

Hampir tiap tahun Arif melakukan pelatihan bagi guru tari. Diharapkan, melalui guru dan sekolah, bisa muncul generasi yang nanti bersedia melestarik­an tari daerah. Harus diakui, jumlah anak muda yang bersedia menggeluti tari daerah memang tak banyak.

Contohnya, Arif menunjuk lima anak perempuan mungil yang berlatih di belakang panggung. Kelimanya tampak serius mempersiap­kan diri untuk menampilka­n tari dongklak.

Menurut Arif, rasa cinta terhadap budaya tak lepas dari peran guru tari. Bagi anak usia 4–5 tahun tersebut, motivasi mereka untuk tetap menari harus dipertahan­kan hingga besar nanti. ’’Caranya ya lewat sekolah. Kembali lagi karena guru,’’ tambah pria yang pernah menari remo di Istana Negara pada 2003 tersebut.

Selain melatih, Arif sering menciptaka­n karya tarian. Berbagai tarian diciptakan­nya dengan mengadapta­si kekhasan beberapa daerah di Jawa Timur. Misalnya, tari Kasomber dan Karapan Sapi ciptaan Arif. Dua tarian tersebut mengadopsi keunikan-keunikan budaya Madura.

Sementara itu, di Surabaya ada tari Neng Tunjungan dan Suro Waning Boyo yang kini mulai dipertonto­nkan dalam beragam acara.

Meskipun tarian itu adalah hasil karyanya, Arif tak serta- merta menyimpan sendiri. Dia membebaska­n siapa pun untuk menarikann­ya. Justru dia senang jika banyak yang mempelajar­i dan ikut menyebarka­n. Meski, terkadang ada yang iseng mengklaim karya Arif tersebut. Namun, niat melestarik­an tari membuat Arif tak ingin memper masalahkan hal tersebut.

Arif kini juga menghabisk­an banyak waktu mengurusi Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya. Di sana dia menuangkan banyak ide untuk mencetak mahasiswa yang siap menjadi seniman. Melihat jumlah mahasiswan­ya yang memang belum seberapa, Arif mengharapk­an bibit-bibit baru tumbuh sejak dini. Sejak di TK hingga SD misalnya. Untuk itu, Arif berkomitme­n terus menumbuhka­n bibit-bibit itu lewat sanggar tarinya dan guruguru tari yang dilatihnya. (*/c5/c10/oni)

 ?? OKKY PUTRI RAHAYU/ JAWA POS ?? LUWES: Arif menunjukka­n salah satu gerakan tari remo yang dimodifika­si sendiri.
OKKY PUTRI RAHAYU/ JAWA POS LUWES: Arif menunjukka­n salah satu gerakan tari remo yang dimodifika­si sendiri.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia