Jawa Pos

Cara Seru Belajar Bahasa Jerman

-

SURABAYA – Belajar bisa dilakukan sembari bermain. Misalnya, yang dilakukan Annika Hartmann bersama para siswa SMAN 15 kemarin (30/1). Hartmann mengajak para siswa belajar bahasa Jerman melalui musik dan permainan.

Permainan yang dilakukan sangat sederhana. Salah satunya, menyiapkan bangku-bangku yang sesuai jumlah siswa. Dalam hitungan tertentu, para siswa harus berganti tempat duduk. Hartmann ikut duduk di salah satu bangku siswa. Dengan begitu, ada satu siswa yang tidak kebagian bangku.

Dia juga mengajak siswa bernyanyi. Sebuah gitar menjadi alat musik pengiring. Shafira Putri, siswa kelas XI, mengatakan, dirinya bisa belajar banyak hal dari kegiatan yang dilakukan bersama Hartmann. Dia bisa menambah kosakata dan merangkai kalimat secara langsung. ” Spelling yang benar juga bisa langsung dengar,” katanya. Metode mengajar yang tidak monoton melalui tulisan membuat suasana belajar jadi makin menyenangk­an. ” Game, lagu-lagu, meresapnya lebih dapat,” imbuhnya.

Hartmann datang ke SMAN 15 sejak Jumat (27/1). Guru yang mengajar di sekolah kejuruan Freiburg tersebut memang ditugasi oleh pemerintah Jerman untuk mengunjung­i sekolahsek­olah di wilayah Asia. Selain di SMAN 15, dia akan datang ke salah satu sekolah di Bali. ”Selain Indonesia, saya ke Thailand,” tutur Hartmann.

Goethe-Institut Indonesia di Surabaya memberinya kesempatan untuk mengajar di SMAN 15 Surabaya. ”Saya senang, anak-anak semangat dan aktif untuk belajar bahasa Jerman,” katanya.

Kemarin para siswa memang terlihat antusias untuk mengikuti instruksi yang dia sampaikan. Bahkan, imbuh dia, siswa bisa menangkap materi dan belajar dengan baik. ”Menurut saya, bahasa Jerman sudah berjalan dengan baik di sini,” ujar perempuan yang menyukai gado-gado dan tempe itu.

Pemerintah Jerman membentuk network atau jaringan kurang lebih 2.000 sekolah di dunia. Yakni, sebagai network sekolah mitra menuju masa depan (PASCH). Ada 20 sekolah PASCH di Indonesia. Salah satunya, SMAN 15 Surabaya. (puj/c7/jan)

 ?? ARYA DITYA/JAWA POS ?? ASLI JERMAN: Annika Hartmann (tengah) bermain gitar dan menyanyika­n lagu saat mengajarka­n bahasa negaranya di SMAN 15 kemarin.
ARYA DITYA/JAWA POS ASLI JERMAN: Annika Hartmann (tengah) bermain gitar dan menyanyika­n lagu saat mengajarka­n bahasa negaranya di SMAN 15 kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia