Jawa Pos

Bupati Curigai 13 Pejabat

Gelar Akademikny­a Diduga Bermasalah

-

GRESIK – Bupati Sambari Halim R a dian t o tengah risau. Saat mencermati gelar-gelar akademik pejabat di jajaran Pemkab Gresik, dia curiga. Ada 13, mungkin lebih, pejabat yang gelar akademikny­a patut dipertanya­kan.

Bupati Sambari pun menginstru­ksi Badan Kepegawaia­n Daerah (BKD) Gresik untuk menelusuri status gelar pendidikan para pejabatnya yang ditengarai bermasalah itu. Jumlah pastinya belum diperinci. Namun, Sambari menyebutka­n, sudah lebih dari 13 pejabat yang gelar pendidikan­nya mencurigak­an. Seluruhnya jenjang magister atau di atasnya.

Keanehan tersebut menyangkut latar belakang bidang studi dan pejabatnya. Sambari mengaku awalnya menduga hal itu hanya kesalahan penulisan. Namun, ternyata jumlahnya banyak. Karena itu, kata pejabat asal Dukun tersebut, ada sejumlah kemungkina­n soal gelar para pejabat itu. Bisa jadi hanya salah penulisan. Atau, ada kemungkina­n gelar tersebut diperoleh lewat jalur instan. Bisa juga diperoleh dari perguruan tinggi swasta yang kredibilit­asnya tidak jelas.

Sambari meminta BKD untuk me n g inventaris­asi gelar pendidikan seluruh pejabat di Pemkab Gresik. Dia juga meminta tesis seluruh pejabat yang sudah mengantong­i gelar S-2 dikumpulka­n. ”Saya minta cek ulang. Apakah ijazah itu benar atau salah,” katanya.

Informasin­ya, BKD telah menelusuri sebagian ijazah pejabat. Terutama mereka yang menjadi sorotan. Di antaranya, pejabat tertentu yang bergelar MMT dan MMPd. Setelah dicek, ternyata gelar tersebut sama dengan ijazah yang dikirim ke BKD.

” Tapi, rata-rata ijazah itu berasal dari perguruan tinggi swasta yang kurang terkenal,” jelas sumber di internal pemkab.

Kepala BKD Gresik M. Nadlif saat dikonfirma­si menjawab diplomatis. Dia menyebutka­n, saat ini pihaknya masih meng inventaris­asi validitas data tersebut. ”Memang, sekilas ada yang kurang pas,” katanya kemarin.

Sebab, lanjut Nadlif, jika mengacu pada edaran terbaru dari Kementeria­n Riset dan Pendidikan Tinggi, nama gelargelar yang ditemukan BKD itu sudah tidak ada. ”Misalnya, sekarang magister pendidikan ya MPd. Magister teknik ya MT. Magister manajemen ya MM,” jelas mantan Kadispendi­k tersebut. (ris/c7/roz)

Saya minta cek ulang. Apakah ijazah itu benar atau salah.” Sambari Halim Bupati Gresik

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia