Jawa Pos

Gaun Kecambah dan Bayan Merah

Sabrina dan Hobi Membuat 3D Fashion Illustrati­on

- Sabrina dan Hobi Membuat 3D Fashion Illustrati­on

SURABAYA – Sebelum diterapkan pada kain, ide desainer dituangkan dalam sketsa oleh fashion illustrato­r. Salah seorang yang gemar membuat sketsa-sketsa rancangan baju itu adalah Aprilia Afionita Sabrina. Dari sana, dia bereksplor­asi menggambar sketsa dengan menambahka­n komponen yang tak biasa. Apa saja? Bisa sayuran, bumbu dapur, sampai kentang goreng. ’’Kalau sedang on fire, imajinasik­u bisa ke manamana,’’ ujar karyawan perusahaan BUMN tersebut. Sudah lebih dari dua tahun Sabrina memiliki hobi membuat sketsa kebaya yang sudah jadi. Desainer favoritnya adalah Anne Avantie. Perempuan 23 tahun tersebut mengikuti setiap rancangan Anne dalam fashion show yang digelar. Kemudian, kebayakeba­ya tersebut digambar lagi secara detail oleh Sabrina. Membuat sketsa kebaya membutuhka­n ke- telatenan dan kerapian. Karena itu, lulusan Teknologi Industri Pertanian Universita­s Trunojoyo Madura tersebut menghabisk­an waktu setidaknya tujuh jam untuk membuat satu sketsa kebaya. Ketelatena­n dan orientasi pada detail itulah yang membuat dia bereksplor­asi dengan bahan tambahan.

Sketsa busana menggunaka­n sayuran dan bahan tambahan lain itu disebut

3D fashion illustrati­on. Sambil berbincang santai, dia menggoresk­an lekukan tubuh perempuan di kertas gambar A4. ’’Aku mau buat rok yang

stunning. Tipenya seperti rok yang dipakai Cinderella,’’ ucapnya ketika ditemui di Surabaya Town Square.

Setelah pola terbentuk, garis-garis ditebalkan dengan drawing pen dan pensil warna. Kemudian ditumpuk lagi dengan pensil warna water color untuk menambahka­n sedikit gradasi. ’’Sebentar ya, aku mau hunting (bahan tambahan),’’ ucapnya, lalu bergegas pergi.

Sabrina memasuki sebuah supermarke­t dan mencari sayuran yang menurutnya bisa merepresen­tasikan imajinasin­ya. Matanya menelusuri rak sayur dan buah sambil membolak-balik beberapa sayuran yang di-display. Sesaat kemudian, Sabrina sudah menenteng bayam merah, kecambah, dan daun ketumbar. ’’Bikin yang simpel aja, ah,’’ ujarnya.

Sabrina kembali ke meja dan mengambil salah satu sketsa perempuan dengan rambut terurai. Daun ketumbar yang sudah dibeli dipilah dan hanya diambil daun bagian ujungnya. Satu per satu daun ketumbar disusun di bagian dada sketsa perempuan hingga terbentuk seperti tube dress.

Tahap selanjutny­a adalah membuat rok dengan bayam merah. Bayam yang batangnya sudah diambil ditempel satu per satu dengan menggunaka­n

double tape. Permukaan luar bayam menghadap ke atas sehingga gradasi warna merah keunguan pun tampak membentuk rok yang mengembang. Sebagai detail tambahan alias pengganti bordir, Sabrina menggunaka­n kecambah. Lekukan-lekukan kecambah membentuk detail apik di bagian perut.

Bosan dengan sayur, Sabrina mencoba materi lain, yakni kentang goreng. ’’Aku sudah pesan kentang goreng. Tapi, jangan dimakan ya,’’ candanya.

Seperti puzzle, satu per satu kentang goreng disusun bak long dress yang menjuntai ke lantai.

’’Ilustrasi seperti ini tidak tahan lama. Karena itu, setelah jadi, biasanya langsung aku abadikan dengan foto, lalu di- upload,’’ paparnya. (esa/c5/jan)

 ?? INSTAGRAM @ALFIOSABRI­NA INSTAGRAM @ALFIOSABRI­NA ?? SPONTAN: Aprilia Alfionita Sabrina menunjukka­n ilustrasi fashion 3D buatannya dari sayur-sayuran dan kentang goreng. KREATIF: Satu per satu sampah dari rautan pensil disusun membentuk rok tutu nan cantik. Untuk merekatkan­nya, Sabrina menggunaka­n double...
INSTAGRAM @ALFIOSABRI­NA INSTAGRAM @ALFIOSABRI­NA SPONTAN: Aprilia Alfionita Sabrina menunjukka­n ilustrasi fashion 3D buatannya dari sayur-sayuran dan kentang goreng. KREATIF: Satu per satu sampah dari rautan pensil disusun membentuk rok tutu nan cantik. Untuk merekatkan­nya, Sabrina menggunaka­n double...
 ?? INSTAGRAM @ALFIOSABRI­NA ?? DETAIL: Sabrina mengutamak­an kerapian dalam desain baju. Hal itu tampak pada sketsa dress yang terbuat dari ketumbar yang diunggah di Instagram-nya.
INSTAGRAM @ALFIOSABRI­NA DETAIL: Sabrina mengutamak­an kerapian dalam desain baju. Hal itu tampak pada sketsa dress yang terbuat dari ketumbar yang diunggah di Instagram-nya.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia