Jawa Pos

Demokrat Terancam Ditinggal Mitra Koalisi

-

JAKARTA – Peta koalisi untuk menghadapi putaran kedua pilgub DKI Jakarta mulai berubah. Kamis (16/2) sejumlah mantan relawan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)-Sylviana Murni yang tergabung dalam Komite Masyarakat Nasional Indonesia (KMNI) mendeklara­sikan dukungan kepada pasangan Anies BaswedanSa­ndiaga Uno

Kemarin polisi menggelar reka ulang adegan pembunuhan di Bandara Internasio­nal Kuala Lumpur. Dua tersangka perempuan yang sudah ditangkap dibawa ke lokasi penyeranga­n.

Tidak diketahui bagaimana proses reka ulang tersebut berjalan. Sebab, kepolisian menutup rapatrapat informasi dan melakukan rekonstruk­si diam-diam. Pemerintah Malaysia memang sangat pelit informasi dalam kasus pembunuhan itu. Kemarin (17/2) mereka hanya memberikan pernyataan bahwa jenazah Kim Jong-nam akan dikembalik­an ke Korut.

Di lain pihak, pemerintah Korut malah tidak mengonfirm­asi apa pun. Benarkah orang yang tewas di Kuala Lumpur itu Jong-nam. Korut bahkan menolak otopsi pada jenazah tersebut. Namun, karena Korut tidak mengajukan penolakan secara resmi, otopsi tetap dilakukan dan selesai Rabu malam (15/2).

Direktur Forensik di Kementeria­n Sains Malaysia Cornelia Charito Siricord mengungkap­kan, saat ini pihaknya sedang menganalis­is sampel yang diambil dari tubuh korban. Berdasar hasil analisis tersebut, bisa diketahui penyebab kematian pria tambun itu.

Di sisi lain, berdasar penelusura­n beberapa media, tersangka pembunuhan dari Vietnam Doan Thi Huong berganti hotel tiga kali sebelum beraksi. Ketiganya adalah hotel murah di Sepang, dekat Bandara Kuala Lumpur. Yang pertama adalah hotel bintang dua Qlassic Hotel. Dia masuk Sabtu (11/2) dan memilih kamar termurah yang tidak memiliki jendela.

”Saya ingat ketika dia ingin memperpanj­ang sewa kamar di sini dan siap membayar dengan segepok uang di tangannya,” ujar Sia, salah seorang staf di Qlassic Hotel.

Namun, setelah tinggal semalam, Doan pindah ke City View Hotel. Dia membawa boneka beruang besar seukuran separo tubuhnya dan tas berukuran sedang. Itu membuat dia mudah dikenali. Doan juga selalu memakai masker penutup wajah dan bergantiga­nti lensa kontak setiap hari. Di hotel kedua, perempuan 28 tahun tersebut sempat meminjam gunting. Dia lantas memotong rambutnya hingga di bawah telinga. Berdasar paparan staf hotel yang diwawancar­ai Free Malaysia Today, Doan tidak terlalu lancar berbicara bahasa Inggris saat di hotel pertama dan kedua.

Sehari setelah masuk, Doan memakai kaus bertulisan LOL Girl seperti yang tertangkap di CCTV di bandara. Dia keluar pagi-pagi dan baru kembali sore. Saat kembali, dia terlihat rileks. Perempuan asal Vietnam itu komplain soal wifi di kamarnya yang tidak bisa dipakai. Saat diberi tahu bahwa itu tidak bisa diperbaiki hingga esoknya, Doan memilih pindah ke SkyStar Hotel. Di hotel ketiga itu dia hanya tinggal semalam. Berbeda dengan saat di dua hotel sebelumnya, bahasa Inggris Doan di hotel ketiga sangat fasih. Rabu sebelum ditangkap, Doan mengatakan kepada resepsioni­s bahwa dirinya memperpanj­ang sewa kamar hingga 23 Februari.

”Jika kalian bertanya kepada saya apakah pergerakan­nya mengindika­sikan operasi intelijen, akan saya jawab iya. Begitulah cara operasi mereka. Berganti penampilan, transaksi tunai, dan selalu bergerak,” ujar penyelidik swasta di Kuala Lumpur yang diwawancar­ai Reuters.

Sementara itu, keluarga Jongnam di Makau takut mengalami nasib sama. Mereka kini berada di bawah perlindung­an pihak kepolisian. Yang tinggal di Makau adalah istri kedua Jong-nam. Istri pertamanya, Ri Hye-kyong, tinggal di Beijing. Jong-nam memiliki enam anak dari beberapa perempuan berbeda. Putra tertuanya yang paling dikenal publik adalah Kim Han-sol, buah pernikahan­nya dengan Ri Hye-kyong.

”Pihak berwenang melakukan upaya maksimal dengan cara yang sah untuk melindungi keselamata­n dan hak-hak dari semua penduduk Makau, pengunjung, dan orang yang tinggal di Makau,” ujar Menteri Keamanan Makau Wong Sio Chak. Dia tidak mengungkap­kan secara detail pengamanan apa yang diterapkan. (AFP/ SkyNews/The Star/sha/c10/nw)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia