Jawa Pos

Tambah Lagi Pemungutan Suara Ulang

Mayoritas Terjadi di Tangerang

-

JAKARTA – Di tengah adanya sejumlah TPS yang belum melaksanak­an pemungutan suara susulan, rekomendas­i dilakukann­ya pemungutan suara ulang (PSU) kembali muncul. Kemarin (17/2) KPU menerima usul PSU 16 TPS di tiga daerah. Yakni, 15 TPS di Kabupaten Tangerang, 1 TPS di Kab Jayapura, dan 1 TPS di Kab Halmahera Tengah.

Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay menyatakan, rekomendas­i PSU di 15 TPS di Kab Tangerang disebabkan terjadinya pelanggara­n prosedur. Saat itu kotak suara dibuka petugas setelah disegel. ”Niatnya baik, menyelamat­kan C6 karena banjir. Jadi berinisiat­if sendiri. Jadi ya sudah, dikeluarin dimasukin plastik, tapi kemudian salah prosedur,” jelasnya di kantor KPU, Jakarta, kemarin.

Rencananya, PSU di Tangerang digelar pada Minggu, 19 Februari 2017. Hal yang sama akan dilakukan di Kab Halmahera Tengah. Untuk satu TPS di Jayapura, KPU belum mendapat informasi lebih lanjut. Baik terkait penyebab dilakukann­ya PSU maupun penjadwala­n ulangnya.

Hadar menjelaska­n, pihaknya sudah meminta kepada daerah agar PSU dilakukan secepatnya. Dia berharap PSU setidaknya bisa diselesaik­an sebelum proses rekapitula­si suara di tingkat kecamatan berakhir 22 Februari nanti. ”Seharusnya pelaksanaa­n dan pengulanga­n tidak melampaui rekap di atasnya. Karena nanti dimasukkan hasilnya di masa rekap itu,” tuturnya.

Hadar memastikan bahwa hasil pemungutan suara yang masuk belum bisa ditetapkan jika ada sisa TPS yang belum melakukan pemungutan suara susulan ataupun PSU. ”Meskipun hanya ketinggala­n satu TPS, bahkan jika selisih suara juga jauh, tidak bisa dianggap selesai,” tegasnya.

Soal jadwal PSU dan pemungutan suara susulan, sebut Hadar, beberapa sudah dijadwalka­n. Misalnya, pemungutan suara di 14 TPS di Kab Tolikara dilakukan kemarin dan 2 TPS di Buol besok. Sedangkan di Kab Mappi dan Manokwari Selatan belum ada informasi.

Seperti diketahui, awalnya ada 55 TPS yang gagal menjalanka­n pemungutan suara sebagaiman­a mestinya. Baik karena ditunda maupun mendapat rekomendas­i dilakukann­ya PSU. Penundaan sendiri terjadi karena banyak faktor, mulai faktor cuaca buruk, konflik, hingga adanya indikasi kesalahan prosedur di TPS. (far/c9/fat)

 ?? DONI KURNIAWAN/BANTEN RAYA ?? REKAP: Petugas PPK merekap hasil pemungutan suara untuk Pilgub Banten di Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, kemarin. Seluruh jadwal pemungutan suara ulang harus dilakukan sebelum rekap di tingkat kecamatan tuntas pada 22 Februari mendatang.
DONI KURNIAWAN/BANTEN RAYA REKAP: Petugas PPK merekap hasil pemungutan suara untuk Pilgub Banten di Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, kemarin. Seluruh jadwal pemungutan suara ulang harus dilakukan sebelum rekap di tingkat kecamatan tuntas pada 22 Februari mendatang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia