Jawa Pos

Umumkan Kemenangan 58 Persen

-

JAKARTA – Hasil resmi pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2017 baru diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di daerah-daerah pada pekan depan. Namun, Partai Golongan Karya sudah optimistis target kemenangan di pilkada 2017 tercapai. Partai berlambang beringin itu mengklaim telah memenangi 58 persen dari 101 daerah yang menggelar pilkada serentak 2017.

Keyakinan tersebut diungkapka­n Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto saat pemaparan hasil pilkada di kantor DPP Partai Golkar kemarin (17/2). Dia menilai, meski meleset sedikit dari target awal kemenangan 60 persen, persentase kemenangan yang didapat saat ini patut diapresias­i.

”Partai Golkar sudah mencapai target. Bahkan, ada tiga kemenangan di tingkat provinsi, yakni Bangka Belitung, Gorontalo, dan DKI Jakarta,” kata Setnov, sapaan Setya Novanto.

Menurut dia, pencapaian itu termasuk menggembir­akan. Kontribusi koordinato­r pemenangan pemilu di Jawa-Sumatera serta koordinato­r di Indonesia Timur sudah bahu-membahu bekerja. Setidaknya daerah-daerah yang sudah menjadi target kemenangan bisa terealisas­i. Itu menjadi tanda kebangkita­n kembali Partai Golkar pasca terpuruk didera konflik. ”Ini pertanda Golkar dicintai kembali oleh rakyat, saya ucapkan selamat kepada pasangan calon yang menang,” kata Setnov.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu Wilayah Jawa Sumatera Nusron Wahid menyatakan, ada 49 pilkada yang digelar di dua kepulauan itu. Partai Golkar memenangi 29 daerah di antaranya. Kemenangan yang mengejutka­n terjadi di wilayah Aceh. Sebab, provinsi Serambi Makkah itu selama ini bukanlah basis Partai Golkar. ”Maksimal Golkar menang di lima daerah, tapi alhamdulil­lah sekarang bisa tujuh, termasuk wilayah prestisius di Banda Aceh,” kata Nusron.

Menurut Nusron, kemenangan di Aceh bisa bertambah. Sebab, di Aceh Tengah dan Aceh Barat selisih kemenangan­nya masih tipis. Saat ini Partai Golkar masih menunggu hasil penghitung­an resmi formulir C-1 dari KPU. ”Kalau (wilayah selisih tipis) menang semua, bisa jadi sembilan daerah,” ujarnya.

Mewakili pemenangan pemilu wilayah Bali, NTB, NTT, Kalimantan, dan Indonesia Timur, Ketua Harian DPP Partai Golkar Nurdin Halid menyatakan, kontribusi kemenangan banyak terjadi di Pulau Sulawesi, Kalimantan, Maluku, dan Papua. Di Papua, Golkar memenangi empat di antara tujuh wilayah yang menggelar pilkada. Sedangkan di Papua Barat, Golkar mengalami kekalahan di pilgub. ”Namun, kami menang di tiga kabupaten,” kata politikus yang digadangga­dang jadi calon gubernur Sulawesi Selatan pada 2018 itu.

Nurdin memastikan tidak ada mahar politik dalam penentuan pasangan calon. Itulah yang membuat sistem pencalonan di Partai Golkar berjalan baik. Sebagai contoh, Golkar memiliki kontribusi dalam memenangka­n pasangan nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat untuk ikut dalam putaran kedua pilgub DKI Jakarta. (bay/c10/fat)

 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? PUAS: Ketum Partai Golkar Setya Novanto (kanan) mengumumka­n capaian tim pemenangan pilkada di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, kemarin.
HENDRA EKA/JAWA POS PUAS: Ketum Partai Golkar Setya Novanto (kanan) mengumumka­n capaian tim pemenangan pilkada di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia