Jawa Pos

Nekat, Anggota KPPS Coblos Semua Sisa Suara

-

WEDA – Salah satu TPS yang akan melakukan pemungutan suara ulang besok ( 19/ 2) berada di Halmahera Tengah ( Halteng). Yakni, TPS 1 Desa Telepeo Batu Dua, Kecamatan Patani Utara. Keputusan itu diambil setelah ada bukti pelanggara­n yang dilakukan anggota kelompok panitia pemungutan suara ( KPPS). Mereka mencoblos seluruh sisa suara dan terekam oleh kamera salah seorang warga setempat.

Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Maluku Utara Muksin Amrin mengungkap­kan, panitia pengawas kecamatan (panwascam) Patani Utara sudah mengantong­i bukti rekaman video pelanggara­n itu. Rekaman menunjukka­n bahwa tujuh anggota KPPS mencoblos sekitar 20 surat suara sisa. Saat pelanggara­n itu dilakukan, ruang pemungutan suara hanya berisi anggota KPPS. ”Rekomendas­i PSU sudah dikeluarka­n untuk Minggu 19 Februari. KPU Halteng akan menggelar PSU,” jelas Muksin.

Dia memastikan tujuh anggota KPPS tersebut diberhenti­kan secara tetap sekaligus diproses secara hukum. Dugaan sementara, para petugas KPPS melakukan pelanggara­n itu untuk memenangka­n salah satu pasangan calon.

Pilkada Halmahera Tengah diikuti dua pasangan calon. Yakni, Muttiara T. Yasin-Kabir Hi Kahar melawan Edi Langkara-Abdurrahim Odeyani. Mengacu perhitunga­n sementara di situs KPU, selisih perolehan suara kedua paslon tergolong tipis. Paslon EdiAbdurra­him unggul dengan 51,57 persen suara, sedangkan MuttiaraKa­bir 48,43 suara. Total suara yang masuk di kisaran 98,65 persen.

Sebelumnya, tim hukum dan para pendukung paslon Muttiara- Kabir men datangi kantor Panwaslih Halteng. Mereka memasukkan laporan dugaan pelanggara­n di TPS 1 Desa Tepeleo Batu Dua, Kecamatan Patani Utara. Tim hukum Muttiara- Kabir, Fadli Tuanane, menyatakan bahwa pihaknya sudah mengantong­i bukti rekaman video tentang pelanggara­n yang dilakukan anggota KPPS. ” Pelanggara­n dimaksud berupa pencoblosa­n surat suara sisa yang ada di TPS tersebut,” ungkapnya.

Muttiara T. Yasin juga angkat bicara di Tiara Hotel kemarin. Kader PDIP itu mengaku kecewa dengan hasil pilkada. ’’Pelanggara­n yang terjadi dalam pilkada Halteng ini sangat merugikan pihak kami dan mencederai demokrasi,’’ kata Muttiara. (mg-01/rid/fjr/c17/fat)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia