Jawa Pos

Siap Mundur jika Terbukti Korupsi

-

MANILA – Rodrigo Duterte kemarin (17/2) menyatakan siap mundur dari jabatannya sebagai presiden Filipina. Dengan catatan, tuduhan yang diarahkan kepadanya terbukti. Kamis (16/2), Senator Antonio Trillanes IV menuding Duterte memiliki simpanan rahasia 2,4 miliar peso atau setara Rp 640,3 miliar. Selain itu, Duterte dianggap gagal mengungkap­kan adanya transaksi bank senilai 321 juta peso (Rp 85,5 miliar) di rekening istrinya, Cielito ’’Honeylet’’ Avancena, dan putrinya, Sara.

”Jika Trillanes bisa membuktika­n tudinganny­a bahwa saya memiliki uang 2 miliar secara ilegal atau jika ada rekening bank atas nama saya yang memiliki simpanan setengah miliar saja dalam satu waktu, saya siap mundur dari jabatan saya sebagai presiden secepatnya,’’ ujar Duterte dalam pidatonya di hadapan alumni Philippine Military Academy (PMA) di Baguio City kemarin.

Pria yang akrab disapa Digong tersebut menyatakan, pernyataan Trillanes adalah tuduhan lama yang diungkit-ungkit kembali. Bahkan, Duterte mempersila­kan Trillanes untuk meminta bank mengajukan gugatan agar kasus itu terang benderang. Selain itu, mantan wali kota Davao tersebut memerintah­kan agar Anti-Money Laundering Council (AMLC) memberikan informasi tentang harta kekayaanny­a agar tak ada lagi tuduhan serupa.

Presiden yang terkenal akan kampanye antinarkob­anya yang memakan ribuan nyawa itu mengungkap­kan, selama ini, dirinya hanya menggunaka­n gajinya. Anggaran lain yang disediakan untuk presiden tak pernah disentuh. (Reuters/ABS-CBN/sha/c18/any)

 ?? LEAN DAVAL/REUTERS ?? BERI NASIHAT: Duterte memberikan wejangan kepada anak salah seorang anggota militer yang tewas saat bertugas di Baguio City.
LEAN DAVAL/REUTERS BERI NASIHAT: Duterte memberikan wejangan kepada anak salah seorang anggota militer yang tewas saat bertugas di Baguio City.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia