Jawa Pos

21 Prajurit Dipecat, Terbanyak Kasus Narkoba

-

MEDAN – Tidak ada ampun untuk prajurit yang mbeling. Kodam I/Bukit Barisan menjatuhka­n sanksi pemberhent­ian tidak dengan hormat (PTDH) kepada 3 perwira menengah, 7 bintara, dan 11 tamtama melalui upacara di Lapangan Benteng Medan pada Jumat pagi WIB (17/2).

’’Ini berlaku untuk semua tingkat dan semua pangkat. Kasus tindak pidana penyalahgu­naan narkotika dan desersi adalah perbuatan yang merusak citra prajurit, institusi TNI-AD, serta masa depan bangsa dan negara Indonesia,’’ tegas Kasdam I/BB Brigjen TNI Tiopan Aritonang yang memimpin upacara itu. Dia juga melepas seragam lima prajurit TNI-AD sebagai perwakilan prajurit yang dikenai PTDH. Seragam mereka diganti dengan baju batik.

Mereka adalah Kapten Cpm Ahmad Davis Kurniadi, Serka Kornelis Ginting Suka, Praka Muhammad Ali Nafiah, Pratu Iwandar Sianturi (keempatnya terlibat kasus narkoba) dan Praka Rumpun Sihotang yang terlibat kasus desersi.

Tindakan PTDH itu diharapkan bisa memberikan efek jera kepada prajurit bersangkut­an dan menjadi pelajaran bagi seluruh prajurit dan PNS Kodam I/BB. Dengan begitu, mereka akan berpikir panjang apabila hendak melakukan pelanggara­n.

’’Tidak ada lagi prajurit dan PNS serta keluargany­a, khususnya di Kodam I/BB, yang terlibat kasus narkoba. Tidak ada satu pun prajurit dan PNS Kodam I/BB yang kebal terhadap hukum,’’ tegas Tiopan lagi.

Untuk itu, dia mengingatk­an para komandan satuan di jajaran Kodam I/BB agar meningkatk­an pengawasan dan kepedulian terhadap para anggota beserta keluargany­a.

’’Sadari pentingnya kehidupan beriman dan memaknainy­a dengan sungguh-sungguh serta buang niat jahat melakukan tindak pidana dan pelanggara­n sekecil apa pun. Prajurit TNI harus bekerja profesiona­l dan ikut memerangi narkoba karena peredaran narkoba sudah sangat meresahkan,’’ kata Kasdam. (ain/ila/c4/ami)

 ??  ?? SANKSI TEGAS: Kasdam I/ Bukit Barisan Brigjen TNI Tiopan Aritonang (kiri) menanggalk­an seragam anggota TNI di Medan.
SANKSI TEGAS: Kasdam I/ Bukit Barisan Brigjen TNI Tiopan Aritonang (kiri) menanggalk­an seragam anggota TNI di Medan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia