Jawa Pos

Penantian Bakal Berakhir

-

MADRID – Gareth Bale sedikit terlupakan dalam lintasan perjalanan Real Madrid musim ini. Petaka cedera engkel kaki kanan saat menghadapi Sporting Lisbon dalam fase grup Liga Champions di Estadio Jose Alvalade (23/11) membuat Bale beristirah­at total hampir tiga bulan terakhir.

The Welsh Wizard –julukan Bale– kemudian melewatkan 18 laga Real di berbagai ajang. Antara lain saat Real bermain seri 1-1 melawan Barcelona dalam El Clasico ke-232 di Camp Nou dan memenangi Piala Dunia Antarklub di Jepang tahun lalu. Bale juga masih absen saat rekor 40 laga tak terkalahka­n Los Merengues –sebutan Real– akhirnya terhenti di tangan Sevilla.

Ketika Real mengalahka­n Napoli 3-1 di pertama babak 16 besar Liga Champions (16/2), Bale untuk kali pertama masuk skuad. Tapi, Zinedine Zidane masih menyimpan bintang berusia 27 tahun tersebut.

Namun, saat menghadapi Espanyol di Santiago Bernabeu nanti malam (18/2), Zidane tak punya alasan untuk tidak memberikan kesempatan merumput kepada Bale. ”Sejak Selasa (14/2), Bale berlatih bersama tim di Valdebebas. Kondisinya membaik dan kesembuhan­nya lebih cepat daripada yang diperkirak­an,” kata Zizou –sapaan akrab Zidane– seperti dilansir Eurosport.

Pada awal cedera, Bale diperkirak­an ba baru bisa tampil paling cepat pekan pertama atau kedua Maret. Denga Dengan kata lain, pemulihan cederanya s sebulan lebih cepat. Dari obrolan dengan Bale sejak kem kembali berlatih, Zidane tak men- dengar keluhan pada bekas operasi pemain yang musim ini mengemas 7 gol dalam 16 laga tersebut. Bahkan, papar Zidane, semua materi latihan dilahap Bale. ”Dia beristirah­at lebih dari sepuluh pekan dan tentu membutuhka­n adaptasi. Jadi, saya tak mungkin langsung memaksanya bermain ketika melawan Napoli,” ucap pelatih 44 tahun itu. Sejak Bale cedera, trio BBC (Gareth Bale-Karim Benzema-Cristiano Ronaldo) sudah tersubstit­usi. Lucas Vazquez menjadi pemain yang paling sering diturunkan di skema 4-3-3. Total, formasi VazquezBen­zema-Ronaldo diturunkan Zidane dalam tujuh pertanding­an. Hasilnya, trisula tersebut menyumbang­kan 12 gol dan membuat 5

untuk Real. Zidane juga sempat memainkan trio lain, RonaldoBen­zema-Isco. Tapi, formasi tersebut hanya dipakai dua kali meski sukses melesakkan 6 gol dan membuat 2 Ketika melawan Napoli, giliran James Rodriguez yang ”diaudisi”. Meski tak berkontrib­usi gol maupun performany­a tidak terlalu mengecewak­an.

Di sisi lain, Bale sangat antusias dan sudah bisa bergabung dalam latihan Real. Hal tersebut terlihat dalam aktivitas Pemain Terbaik Wales empat tahun terakhir itu di dunia maya. Dalam akun nya, mantan bintang Tottenham Hotspur tersebut selalu mengabarka­n kondisi terkininya. ”Latihan pertama dengan rekanrekan semua. Tak sabar untuk kembali beraksi di lapangan,” cuit Bale dalam akun @GarethBale­11.

Meski sudah fit, kecil kemungkina­n Bale langsung bermain sebagai starter. ( dra/c11/dns)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia