Jawa Pos

Lacak Human Traffickin­g

-

WASHINGTON DC – Orang lebih mengenal Ashton Kutcher, 39, sebagai pemain serial televisi dan bintang film. Menghadiri sidang Senate Foreign Relations Committee di Capitol Hill, Washington DC, Rabu (15/2), Kutcher mengungkap­kan profesinya yang lain. ”Pekerjaan saya sehari-hari adalah chairman dan co-founder Thorn. Kami membuat software untuk melawan human traffickin­g dan eksploitas­i seksual pada anak-anak,” katanya.

Sebelumnya, Thorn: Digital Defenders of Children bernama DNA Foundation. Didirikan Kutcher dan mantan istrinya, Demi Moore, pada 2009. Setelah keduanya bercerai, yayasan itu berganti nama. Ayah Wyatt, 2, dan Dimitri, 2 bulan, tersebut berharap anak-anak di seluruh dunia bisa memperoleh haknya. ’’ Tapi, hak untuk mendapat kebahagiaa­n sering kali dilucuti. Mereka diperkosa, dianiaya, bahkan dijual untuk kebahagiaa­n sesaat,’’ ujar Kutcher dalam pidato 15 menitnya.

Suara Kutcher bergetar ketika menceritak­an pengalaman­nya bertemu korban di Kamboja. ”Seorang anak diperkosa pria Amerika yang menjadi turis. Anak itu diberi pengertian oleh lingkungan­nya bahwa dia sedang bermain,’’ ujar suami Mila Kunis tersebut, nyaris menangis.

Terkait hal itu, Kutcher bersama Thorn merilis software bernama Spotlight. Versi beta software itu telah digunakan sekitar 4.000 aparat penegak hukum di AS. Sudah berfungsi selama enam bulan, software tersebut mampu memangkas waktu investigas­i hingga 60 persen. ’’Dari 25 persen laporan dari pengguna, kami telah mengidenti­fikasi lebih dari 6.000 korban perdaganga­n dan 2.000 di antaranya merupakan anak di bawah umur,’’ terang Kutcher.

Kutcher mengharapk­an kerja sama yang baik antara pemerintah dan pihak swasta terkait masalah perdaganga­n manusia. Di antaranya, peraturan ketat tentang orang tua asuh yang sering disalahgun­akan serta perundangu­ndangan yang membedakan solusi antara perdaganga­n seks dan tenaga kerja. Kutcher juga merekomend­asikan pemerintah untuk memperbaik­i sarana pelayanan kesehatan mental bagi masyarakat.

Gagasan itu disambut baik oleh Bob Corker, ketua komite senator. ’’ Terima kasih untuk Ashton Kutcher dan Thorn karena menyelamat­kan korban perdaganga­n manusia. Senang sekali dia hadir di (Capitol) Hill hari ini,’’ tulis Corker dalam akun Twitter- nya. (adn/c18/ayi)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia