Jawa Pos

Williams FW40 Terlihat Cantik

-

GROVE – Sepekan lagi, timtim kontestan Formula 1 akan membuka selubung pada mobil baru mereka. Namun, Williams memberikan kejutan kepada para penggila balapan jet darat itu dengan merilis gambar desain komputer senjata baru me reka FW40 kemarin (17/2).

Sebelum gambar tersebut beredar, para penggemar F1 hanya bisa menerka bentuk mobil baru dengan beberapa referensi. Misalnya, ketika Ferrari menguji coba ban basah Pirelli di Sirkuit Fiorano pekan lalu. Saat itu, pabrikan berlogo Kuda Jingkrak tersebut menggunaka­n mobil generasi 2015 dengan memasang ban lebih lebar seperti yang akan dipakai musim ini.

Selain itu, tergambar model mobil Manor berskala 50:50 yang baru diuji coba di wind tunnel. Mobil tersebut ditunjukka­n para staf Manor setelah perusahaan induk mereka dinyatakan bangkrut. Dengan begitu, tim yang pernah menaungi pembalap Indonesia Rio Haryanto tersebut dipastikan tidak bisa tampil musim ini.

Dari gambar komputer, FW40 tampak punya perbedaan besar khusus pada sayap depan dan belakang. Sayap belakang itu mirip dengan tambahan sayap yang dipakai Ferrari ketika menguji coba ban Pirelli.

Sementara itu, pada bagian hidung, bentuknya mempertaha­nkan model mobil 2014. Pan jang hidung tersebut berakhir sedikit di belakang ujung sayap. Model hidung itu diprediksi digunakan mayoritas tim.

Tahun ini Williams akan diperkuat seorang rookie bernama Lance Stroll yang musim lalu men juarai Formula 3 Eropa dan Felipe Massa yang membatalka­n pensiun. Dia kembali dipanggil untuk menggantik­an Valtteri Bottas yang hengkang ke Mercedes.

Williams diprediksi menjadi salah satu tim kuat musim ini setelah kedatangan Paddy Lowe dari Mercedes. Mereka mendapat banyak suntikan dana dari bursa transfer Bottas ke Mercedes. Ditambah dana segar EUR 30 juta (Rp 426,2 miliar) dari ayah Stroll untuk menempatka­n putranya sebagai salah seorang pembalap Williams. (cak/c16/nur)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia