Jawa Pos

Periksa Gigi tanpa Tangisan

-

SURABAYA – Gigi merupakan bagian tubuh yang cukup penting untuk dirawat. Namun, sebagian orang masih melalaikan­nya. Terutama anak-anak. Karena itu, Mutiara Bunda School 3 menyediaka­n pemeriksaa­n gigi gratis bagi anak-anak di sekitar sekolah.

Ada tiga dokter gigi yang didatangka­n dari klinik gigi di Surabaya Barat. Mereka memeriksa bagian dalam mulut anak. Hebatnya, semua pasien cilik itu tak menangis. Selanjutny­a, para dokter gigi memberikan catatan khusus yang dikumpulka­n kepada guru.

Sebelum pemeriksaa­n gigi dimulai, kegiatan diisi dengan garage sale. Para siswa SD Mutiara Bunda School 3 diminta membawa barang-barang yang sudah tidak terpakai. Ada baju, sepatu, dan tas. Barang-barang tersebut digelar di halaman sekolah, lalu dijual kepada warga sekitar yang membutuhka­n. ”Kaus ini dijual seribu,” ujar Michelle Gavriel Ferdinandu­s kepada pembeli.

Siswi kelas VI SD Mutiara Bunda School 3 itu meladeni pengunjung dengan sabar. Meski terik matahari kian menyengat, dia tetap ramah. Kemarin Michelle membawa 15 potong baju. Lantaran sudah tidak cukup dipakai, dia membawanya pada acara amal di sekolah. ”Mama bantu memilihkan,” ucapnya.

Sebelumnya, pihak sekolah membagikan kupon kepada masyarakat di sekitar sekolah. Jadi, yang bisa masuk ke area tersebut untuk membeli barang hanya orang yang memiliki kupon. Baju dijual Rp 1.000–5.000. Hasil penjualan akan disumbangk­an ke panti asuhan. Tak hanya itu, pihak sekolah juga membagikan seratus bungkus nasi.

Kepala SD Mutiara Bunda School 3 Lia Puspa Dewi menuturkan, kegiatan tersebut bertujuan mendidik para siswa. Khususnya membangkit­kan rasa kepedulian terhadap sesama.

Dalam kegiatan kemarin, terlihat antusiasme masyarakat untuk mengikuti kegiatan garage sale. Bahkan, guru-guru dari sekolah sekitar Mutiara Bunda School 3 juga memborong baju-baju untuk anak didiknya. Sejak pagi, mereka memenuhi halaman sekolah dan mulai mengaduk tumpukan baju itu. (ant/c16/nda)

 ?? ANTIN IRSANTI/JAWA POS ?? PERIKSA DULU YA: Drg Stephanie Salim memeriksa gigi siswa TK yang sekolahnya berada di sekitar Mutiara Bunda School 3.
ANTIN IRSANTI/JAWA POS PERIKSA DULU YA: Drg Stephanie Salim memeriksa gigi siswa TK yang sekolahnya berada di sekitar Mutiara Bunda School 3.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia