Jawa Pos

Bantuan Harus Segera Cair

Kapolda Sumbang Logistik dan Personel

-

SIDOARJO – Musibah puting beliung yang menyapu ratusan rumah di dua desa Kecamatan Krian mengundang empati sejumlah kalangan. Bahkan, kemarin (17/2) Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin langsung mendatangi dua desa yang terdampak. Yakni, Terung Kulon dan Keboharan.

Rombongan Polda Jatim itu tiba di Balai Desa Terung Kulon pukul 10.00

Kedatangan mereka langsung disambut Bupati Saiful Ilah dan Wabup Nur Ahmad Syaifuddin. Selain menyerahka­n bantuan logistik, para petinggi tersebut berdialog di ruang kepala desa (Kades).

Selanjutny­a, mereka keluar menuju dua mobil boks yang mengangkut bantuan sembako. Secara simbolis, Kapolda menyerahka­n dua kardus yang berisi biskuit kepada bupati. Total ada 625 paket sembako dan makanan.

Kapolda lantas meninjau Dusun Kembang Sore, RT 2, RW 2, yang tersapu angin dahsyat pada Rabu (15/2) itu. Dusun tersebut termasuk kawasan yang kerusakann­ya paling parah. Rumah-rumah warga berantakan. Sembari melihat kerusakan, Machfud mengecek polisi yang sudah ditugaskan membantu warga memperbaik­i rumah.

Machfud menyampaik­an, TNI dan polisi telah menunjukka­n kepedulian terhadap para korban. ”Kami bergotong royong membangun rumah yang hancur dan mengganti genting yang rusak,” jelasnya. Polda Jatim mengirimka­n 200 personel ke Desa Terung Kulon dan Keboharan. Bersama warga, petugas bahu-membahu memulihkan kondisi rumah yang porak-poranda diterjang angin.

Bupati Saiful Ilah sangat berte rima kasih atas bantuan serta kepedulian TNI- Polri tersebut. Bantuan itu sangat mem bantu pe mulihan kondisi desa. ” Diharapkan, kedua desa segera pu lih,” katanya. Dia menambahka­n, pemkab berupaya mencukupi kebutuhan warga. Untuk suplai ma ka nan, pemkab sudah mend irikan da pur umum. Makanan di berikan tiga kali sehari. Selain itu, ada posko kesehatan yang di di rikan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan ( Forkopim ka) Krian.

Sejauh ini, Badan Penanggula­ngan Bencana Daerah (BPBD) mendata 449 rumah yang hancur. Tim pemkab sedang mengklasif­ikasikan kategori kerusakan. Apakah rusak berat, se dang, atau ringan. Selanjutny­a, pemkab memberikan bantuan be rupa uang untuk perbaikan rumah. ” Terkait nominal bantuan untuk rumah yang rusak berat, kami rapatkan dulu,” tuturnya. Lantas, berapa lama waktu untuk memulihkan dua desa itu? Saiful berharap kondisi kedua desa normal seperti semula dalam waktu secepatnya.

Berdasar pantauan Jawa Pos kemarin, sejumlah warga yang menjadi korban terus berupaya memperbaik­i rumahnya. Siti Mahmudah, misalnya. Perempuan 35 tahun tersebut terlihat membersihk­an reruntuhan rumahnya. Meski tak memiliki cukup uang, Siti berusaha memperbaik­i tempat tinggalnya. ”Kalau genting tidak segera ditutupi, perabotan basah terus,” ucapnya.

Siti terpaksa merogoh kantung pribadinya untuk membeli genting. Total uang yang dihabiskan untuk mengganti atap rumah mencapai Rp 5 juta. ”Saya berharap pemkab segera membantu,” ujarnya.

Berbeda halnya dengan Widyanings­ih. Dibantu kedua anaknya, dia juga membersihk­an rumah. Rumahnya tampak hancur. Gentingnya semburat, nyaris tidak berbekas. Yang tersisa adalah bagian depan rumah. ”Rumah saya rusaknya paling parah,” katanya.

Widyanings­ih mengaku belum mempunyai uang untuk memperbaik­i rumah. Sementara, perempuan 60 tahun itu memperbaik­i rumahnya pelan-pelan. ”Sekenanya saja. Kalau nggak kuat nembok, ya pakai sesek,” terangnya.

Anggota Komisi D ( Bidang Kesra) DPRD Sidoarjo Bangun Winarso me nyatakan, warga dan petugas de sa sudah mendata jumlah rumah yang terdampak serta meng klasifikas­i kerusakan. Data tersebut sedang digodok bersama BPBD. Dia berharap bantuan untuk warga segera turun. Apalagi, cuaca sedang tidak menentu. Jika terus terkena hujan, rumah warga bakal makin rusak.

”Kami mendesak pemkab secepatnya mencairkan bantuan dari biaya tak terduga APBD untuk pembanguna­n rumah warga,” terang wakil rakyat yang juga berasal dari Desa Terung Kulon itu. (aph/c18/hud)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ??
BOY SLAMET/JAWA POS
 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ??
BOY SLAMET/JAWA POS
 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ??
BOY SLAMET/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia